Plotter Cetak Gambar Raksasa

Wednesday, December 10th 2014. | Blog, Hardware
Sponsored Links

Teknik mencetak gambar atau tulisan sudah ada sejak jaman dahulu. Bahkan sejak jamanya nenek moyang kita, mereka sudah mengenal teknik mencetak. Sebagai bukti lukisan pada dinding-dinding gua merupakan bukti bahwa pada masa itu mereka sudah bisa mencetak suatu gambar ke media lain. Bukti lain yang mudah kita temui adalah batik. Jika anda perhatikan dengan teliti, anda akan menemukan gambar dan tulisan pada batik. Dan hasil cetakan batik yang ditempatkan pada kain menunjukan nenek moyang kita dulu mampu mencetak gambar atau tulisan ke media lain.

Teknik mencetak gambar atau tulisan ke media lain selalu berkembang dari masa ke masa. Saat ini teknik mencetak tulisan atau gambar saat ini sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih. Penemuan paling canggih dalam mencetak adalah komputer dan printer. Dengan dua alat canggih ini gambar atau tulisan bisa sama persis dengan objek yang ada pada layar monitor. Baik dari warna maupun bentuknya sama persis.

Printer yang umum kita ketahui selama ini memiliki bentuk yang kecil, bisa ditaruh di atas meja. Mudah untuk digunakan karena hanya tinggal menghubungkanya ke komputer melalui port usbnya. Untuk mencetak gambar atau tulisan tinggal klik langsung jadi. Namun masalah yang hadir dari printer tersebut adalah pada ukuran. Ukuran gambar atau tulisan yang bisa dicetak oleh printer hanya ukuran kertas letter.

Pernahkah anda keluar rumah kemudian melihat banner dengan ukuran yang begitu besar, atau spanduk yang begitu panjang? Tahukah anda kalau banner dan spanduk itu juga dibuat dengan printer? apakah bisa printer digunakan untuk mengerjakan itu semua? Jawabanya tentu bisa.

Printer yang digunakan untuk mengerjakan atau membuat banner atau spanduk tersebut adalah plotter. Plotter merupakan jenis printer yang dirancang khusus untuk menghasilkan out put berupa gambar maupun grafik. Out put yang dikeluarkan oleh plotter ini memiliki warna dan kualitas yang tinggi.

Jenis – jenis plotter:

Plotter pena

plotter pena

plotter pena

Dinamakan pena karena plotter ini memiliki pena yang digunakan untuk menggambar pada media cetaknya.

Plotter elektrostatis

plotter elektrostatis

plotter elektrostatis

Prinsip kerja dari plotter ini adalah seperti mesin fotokopi. Kertas diberi tegangan listrik kemudian tegangan listrik tersebut akan menarik tinta untuk melekat pada kertas.

Plotter thermal

plotter thermal

plotter thermal

Plotter thermal menggunakan pin yang dipanasi secara elektrostatis. Kemudian pin tersebut dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas, sehingga terbentuk gambar. Media yang bisa digunakan untuk plotter ini adalah kertas ataupun film buram.

Plotter pemotong

plotter pemotong

plotter pemotong

Sesuai dengan namanya, selain bisa mencetak plotter ini juga bisa memotong bahan seperti bahan vinyl, karet, gabus, kulit dan bahan-bahan lain.

Plotter format lebar

plotter format lebar

plotter format lebar

Plotter format lebar biasa digunakan oleh perusahaan grafis, karena plotter jenis ini dapat membuat cetakan berwarna dalam kertas yang sangat lebar. Teknologi yang digunakan ada yang menyerupai printer ink jet ataupun plotter thermal.

Nah, jika anda berencana ingin membuat gambar yang seukuran raksasa, anda bisa mencetaknya dengan plotter. Untuk desainya bisa anda desain di komputer anda sendiri. hasil cetakan oleh plotter jauh lebih baik dan lebih bagus daripada cetakan yang dibuat dengan teknik lukis ataupun teknik lainya.

tags: , , ,

Related For Plotter Cetak Gambar Raksasa