Potong dan Edit Foto Menggunakan Crop Tool pada Adobe Photoshop

Saturday, January 9th 2016. | Tutorial
Sponsored Links

Setelah beberapa waktu lalu menulis konten tentang adobe photoshop, mungkin banyak diantara newbi yang ingin segera mencoba melihat kemampuan dari adobe photosop. Tapi diharap sabar dahulu karena mengingat banykanya hal yang bisa dilakukan dengan adobe photoshop ini maka ada baiknya untuk mempelajarinya sedikit demi sedikit supaya bisa lebih bisa terarahkan ke setiap sub menu yang akan dipelajari.

Menggunakan Crop tool

Crop tool merupakan salah satu alat pada photoshop yang digunakan untuk memotong gambar. Dengan crop tool ini newbie bisa melakukan manipulasi terhadap ukuran dan posisi gambar sehingga gambar yang didapatkan nantinya akan sesuai dengan gambar yang diinginkan. Tidak hanya pada ukuran saja, namun pada kemiringan juga bisa disesuaikan.

Mungkin newbie pernah mengambil suatu gambar namun gambar yang newbie ambil hasilnya miring sehingga akan membuat gambar tersebut akan jelek kalau dicetak. Nah, salah satu contoh penggunaan atau fungsi dari Crop tool ini adalah untuk membuat gambar yang miring sehingga bisa menjadi tegak.

Contoh yang diberikan pada screen shot dibawah ini adalah menggunakan Adobe Photoshop CS5. Meskipun demikian, sebenarnya masing – masing setiap versi dari Photoshop memiliki kemiripan jadi tutorial ini juga bisa dipraktekan pada Photoshop dengan versi yang lain.4g

Contoh gambar dari BTS atau menara tower operator seluler yang diambil namun hasil gambarnya miring. Untuk bisa membuatnya menjadi menara yang tegak lagi, dapat dilakukan dengan menggunakan crop tool. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik crop tool pada toolbox. Jika toolbox tidak terlihat, klik menu window pilih tools.
  • Klik kiri mouse pada area gambar1
  • Lakukan seleksi pada daerah gambar yang akan di crop
  • Jika sudah selesai melakukan seleksi, lepaskan klik mouse

Daerah yang sudah terseleksi akan dikelilingi dengan garis putus – putus sebagai penanda. Daerah yang sudah terseleksi tersebut masih bisa diedit lagi termasuk ukuran dan kemiringanya.

Untuk mengubah luas daerah yang terseleksi klik dan drag pada handler ke arah luar untuk memperluas area atau ke arah dalam untuk memperkecil area. Dan untuk mengubah kemiringan arahkan kursor mouse ke handler sehingga membentuk tanda panah melengkung dengan dua arah dan putar ke arah kiri atau ke arah kanan sesuai dengan keinginan.2

  • Untuk melakukan crop, klik tanda centang pada option bar atau tekan enter pada keyboard. Sedangkan untuk membatalkanya, tekan Esc atau tombol lingkaran dengan garis melintang pada option bar.

    OPtion Bar

    OPtion Bar

Cukup sekian tutorial untuk menggunakan Crop tool. Cukup mudah bukan? Selanjutnya semoga tutorial ini langsung dipraktekan dan semoga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan tentang Photoshop.3

Incoming search terms:

  • alat pada crop tool
  • alat tools yg di gunakan untuk membuat gambar memotong gambar
  • aolikasi crop miring
  • apa saja yg bisa dilakukan adobe fotoshop untuk mengedit foto dan gambar yang sudah ada
  • cara edit crop photoshop foto dengan arti
  • cara menggunakan crop
  • pengertian edit foto crop
tags: , ,

Related For Potong dan Edit Foto Menggunakan Crop Tool pada Adobe Photoshop