Printer

Tuesday, February 23rd 2016. | Hardware, Komputer
Sponsored Links

printer

Saat anda ingin membeli sebuah printer tentu saja hal yang menjadi pertimbangan adalah sebuah printer yang benar-benar dapat memenuhi kebutuhan harian anda.

Personal Computer Printer

Printer termasuk dalam kategori in adalah mencakup printer inkjet dan laser. Resolusi dari kedua jenis printer tersebut dinyatakan dalam DPI (dots per inch) yang juga sama dengan ukuran resolusi minitor. Hal tersebut berarti smakin tinggi jumlah dots per inch yang dimiliki oleh sebuah printer, maka akan semakin baik dalam mencetak sebuah gambar dan biasanya harganya pun lebih mahal. Juga distribusi yang dots merata antara vertical dan horizontal juga memberikan hasil cetakan dengan kualitas yang lebih baik dari pada distribusi dots yang tidak merata. Sebagai contoh sebuah printer dengan resolusi sebesar 1,200 x 1,200 menghasilkan gambar dengan menggunakan 1,440 x 720 dpi (1,036,800 dots per inch.)

Inkjet vs Laser

Sebuah printer inkjet mencetak gambar dengan menyemprotkan tetesan tinta melalui sebuah pipa. Hampir seluruh printer inkjet saat ini mampu menghasilkan sebuah gambar berwarna dengan menggunakan kombinasi warna hitam, biru (cyan), magenta dan kuning. Beberapa jenis printer inkjet dibuat secara khusus untuk mencetak gambar dengan kualitas tinggi da sering disebut dengan printer foto. Sedangkan sitem yang digunakan pada printer laser adalah sebuah proses eletrostastik seperti halnya yang digunakan pada mesin foto copy. Printer laser dapat digunakan untuk mencetak gambar hitam putih maupun warna. Namun kebanyakan orang lebih memilih printer laser tanpa warna karena printer laser yang berwarna harganya cukup mahal.

Bila anda memerlukan pencetakan gambar warna anda sebaiknya membeli sebuah printer inkjet daripada printer laser karena jenis printer ini jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga sebuah printer laser.

Dengan menggunakan printer anda dapat mencetak data-data yang anda perlukan. Setelah anda scan dokumen atau foto dan melakukan manipulasi terhadapnya untuk hasil yang optimal anda dapat menggunakan printer laser untuk mencetaknya. Dalam waktu yang relatif singkat resolusi jenis printer ini telah mengalami kemajuan pesat, dan juga dari segi harga juga akan semakin murah sehingga lebih terjangkau bagi pengguna.

Memilih dan membeli printer tidak serumit dan jauh lebih mudah daripada membeli sebuah komputer. Printer-printer dengan teknologi bar uterus dikembangkan untuk memenuhi standar yang lebih baru, namun hal tersebut tidak membuat printer inkjet dan laser ketinggalan zaman. Hal terbaik yang bias dilakukan adalah melakukan survey sebelum anda memutuskan membeli printer, dan seperti biasanya pertimbangkan anggaran yang adnda sisihkan untuk memebelinya. Beberapa merk tertentu lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya tergantung dari fitur yang mampu dijalankan oleh printer tersebut.

tags: , , ,

Related For Printer