Processor Intel VS AMD for Gaming

Friday, October 21st 2016. | Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links

AMD_phenonx6_vs_Intel_corei3

Processor Intel VS AMD for Gaming – Antara Processor Intel dan AMD terjadi persaingan dalam merebut pasar PC dan Laptop sampai sekarang ini masih juga sangat sengit. Untuk pasar PC dan Laptop Gaming, sementara ini masih di dominasi oleh Intel dengan Processor Core-nya. Lalu ada pertanyaan “sebenarnya mana yang lebih baik performancenya, Intel atau AMD?”

Semenjak Intel mengeluarkan Processor Core i3, i5, i7, perusahaan pembuatan processor terbesar di dunia ini langsung mendominasi jauh atas AMD. Langkah AMD menurunkan harga memang bisa mengangkat penjualannya, namun tidak pada performance processornya.

Konsep perancangan processor AMD banyak pihak menilai salah, karena lebih focus memacu pada kecepatan processornya. Selain itu konsumsi daya listrik pada processor AMD cukuplah besar (100 watt ke atas), dibandingkan dengan processor Intel (100 watt ke bawah). Akibatnya procesoor AMD jauh lebih panas jika dibandingkan dengan Intel.

Otomatis procesoor yang panas pasti kecepatannya akan turun sendiri. Hal ini dikarenakan apabila panas berlebih dipertahankan, maka processor akan mudah rusak dan bahkan terbakar. Penurunan kecepatan processor bisa hingga 20%-30% bila panas sudah mencapai di atas 60% dari anka maksimal yang diperkenakan.

Pada beberapa tipe mainboard, bila panas processor mencapai 80%, maka secara otomatis mainboard akan mematikan (shutdown) dirinya secara otomatis untuk ‘colling down’ sementara.

Ketika kita bermain game, tentunya processor akan bekerja maksimal. Apalagi game FPS seperti Cryris, atau game dengan AI ‘rumit’ contohnya seperti Starcraft II. Pastinya processor akan bekerja dengankekuatan terbaiknya untuk bisa menjalankan game tersebut dengan lancar dan mulus. Otomatis panas berlebih akan menghinggapi processor, meskipun sudah dengan bantuan kipas.

Hasilnya apabila processor AMD Phenom II X6 yang memiliki 6 core diadu dengan Intel i3 dengan 4 coree, Intel i3 masih sedikit lebih cepat untuk masalah Gaming. Hal ini sudah dibuktikan oleh TomsHardware.

TomsHadware memacu processor dengan kecepatan terbaiknya di resolusi tinggi (1920×1080) untuk mengetahui mana processor terbaik untuk gaming, hasilnya bisa lihat pada grafik dibawah ini:amd-vs-intel

Kesimpulan:

Memang dilihat dari segi performance, Intel lebih baik daripada AMD ketika bermain game. Namun dari segi harga, AMD masih lebih layak beli dibandingkan dengan processor Intel.

Selain itu tidak semua gamer memainkan game dengan konfigurasi maksimal, sehingga akan terlihat game tersebut akan sama lancarnya jika dimainkan dengan processor Intel maupun AMD.

Dalam beberapa aplikasi yang memerlukan core lebih, pasti yang menjadi jawaranya adalah AMD dengan processor 6 core-nya. Harga yang cukup masuk akal sekitar US$160, jauh dibanding Intel i7 dengan 6 core yang berkisar diatas US$570. Untuk AMD yang 8 core harganya hanya sekitar US$200, dan tentunya masih menang jauh daripada Intel.

Demikian ulasan artikel tentang Processor Intel VS AMD for Gaming. Apabila banyak kesalahn dalam penulisan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

tags: , , ,

Related For Processor Intel VS AMD for Gaming