Prosessor anda Panas? Inilah cara Mengatasinya

Tuesday, August 23rd 2016. | Hardware, Tutorial
Sponsored Links

A pabila anda ingin mendinginkan sebuah prosessor sebenarnya itu sangat mudah jika anda selalu memperhatikan dengan benar. Dengan itu pastinya prosessor anda tidak akan overheat ataupun terlalu panas. Salah satu akibat jika prosessor anda terlalu panas yaitu berhubungan dengan kinerja komputer yang lumayan banyak. Apalagi jika prosessor yang berfungsi sebagai “otak” tersebut semakin panas maka akan mengakibatkan kemampuan komputer akan menurun secara drastis atau bahkan komputer akan mengalami hang. Maka sebaiknya kirta harus lebih memperhatikan keadaan komputer maupun laptop anda.

Nah untuk menanggulangi masalah tersebut saya akan memberi sedikit ilmu,bagaimana cara mengatasi Prosessor yang Panas, berikut ini langkah mudah untuk menghindari overheat pada prosessor.panAss

Sirkulasi Udara

Manfaat dari Sirkulasi Udara juga sangat penting untuk menjaga prosessor agar tidak terlalu panas yg berada di dalam casing. Dengan jumlah kipas pendingin dan juga kerapian penataan kabel di dalam casing semua itu berkaitan dengan Sirkulasi Udara. Adapun untuk penataan kabel dan komponen-komponen yang lain supaya rapi, sehingga sirkulasi udara akan terasa lebih lancar.

Kipas Pedingin

Kebanyakan orang pengguna komputer menggantungkan dengan cara ini, tetapi apabila komponen lain di dalam casing yang terlalu panas juga tetap akan mempengaruhi peningkatan suhu yang di dalam casing seperti prosessor. Untuk mendinginkan anda harus memastikan kipas yang ada di dalam casing jumlahnya cukup untuk mendinginkan komponen yang di dalam. Dan untuk mengalirkan udara panas dari dalam casing sebaiknya anda tambahkan satu kipas pendingin lagi yang dihadapkan keluar.

Thermal Pastepppaa

Agar efektifitas pendingin semakin baik sebaiknya anda gunakan pasta prosessor atau biasa disebut thermal paste yang berkualitas. Adapun fungsi luas dari Thermal Paste ini adalah untuk mengalirkan suhu yang panas dari prosessor ke unit heatsink agar prosessor lebih cepat dingin, serta Thermal Paste juga bisa digunakan sebagai pencegah apabila terjadi percikan yang mungkin bisa diakibatkan dengan adanya gesekan antara unit heatsink dan permukaan prosessor yang tertempel diatasnya. Maka agar Thermal Paste tidak cepat kering pada saat digunakan, anda cari yang berkualitas.

Heatsink dan Kipas

Sebaiknya anda gunakan Heatsink yang berasal dari logam dan bersekat-sekat, dengan itu anda mudah mengumpulkan debu yang kemudian menyumabatnya. Apabila banyak debu yang semakin menyumbatnya maka efisiensi pendingin akan mengalami penurunan. Sebelumnya anda juga harus memastikan kalau kipas dan heatsink bekerja dengan baik, dan juga memastikan prosessor berputar dalam keadaan lancar tanpa ada ganggua

tags: , ,

Related For Prosessor anda Panas? Inilah cara Mengatasinya