Ramalan Symantec Terhadap Keamanan Cyber Di 2015

Monday, July 17th 2017. | Blog, Internet
Sponsored Links

Internet of things pada 2015mendatang akan diramaikan oleh merebaknya gadget canggih yang mendukung internet berkecepatan tinggi. Ramianya penjualan gadget ini menunjukan meningkatnya jumlah angka pengguna internet. Hal ini juga menjadi catatan yang tersendiri bagi operator seluler untuk memberikan layanan internet yang berkualitas.

Namun sayangnya ancaman keamanan di dunia cyber juga semakin tinggi, seperti halnya kasus yang baru saja dialami oleh Sony yang data perusahaanya telah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Terbongkarnya kasus kejahatan cyber yang dialami oleh Sony ini nampaknya juga harus diwaspadi oleh semua pengguna internet agar lebih berhati-hati lagi dengan ancaman cyber ini.

Symantec

Symantec

Symantec, perusahaan antivirus besar asal amerika telah lama berkecimpung dengan urusan keamanan yang mengancam dunia cyber meramalkan tentang keamanan cyber di 2015. Berikut ramalan dari Symantec :

  1. Serangan pada Internet of Things (IoT) akan fokus pada otomasi rumah pintar. Serangan bisa terjadi pada perangkat seperti router rumahan atau televisi cerdas, dengan tujuan mencuri data pribadi.
  2. Perangkat mobile akan terus menjadi target bagi penyerang cyber terutama ketika perangkat mobile menyimpan data pribadi dan rahasia dan aktif setiap saat
  3. Kemampuan machine learning untuk memprediksi serangan cyber akan meningkatkan tingkat deteksi dan mungkin merupakan kunci yang membalikkan tren kejahatan cyber.
  4. Privasi akan menjadi korban dari aplikasi mobile. Artinya pengguna aplikasi mobile tidak akan tahu kalau data pribadi telah diserahkan begitu saja alias dicuri tanpa sepengetahuan pemiliknya.
  5. Penjahat cyber akan tetap melakukan penipuan yang melibatkan ransomware, alias penyanderaan file-file korban untuk ditukar dengan uang atau keuntungan lainnya.
  6. Pada 2015 akan terlihat evolusi dari Personal Data Protection Act terutama di kawasan Asia Pasifik. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap individu dan organisasi memiliki pola pikir yang tepat terkait dengan keamanan online dan pencegahan kejahatan cyber.
  7. Distributed denial of service (DDoS) akan terus meningkat sebagai ancaman. Motivasi penyerang dapat bervariasi, dengan hacktivism, keuntungan, dan perselisihan menjadi alasan utamanya.
  8. Sistem kata sandi, hingga pengamanan dengan sidik jari dan pindai mata sekalipun, tak selalu bisa menjadi perlindungan yang efektif. Keamanan sesungguhnya ada pada perilaku pengguna.
  9. Adopsi cloud computing akan semakin besar. Namun, perusahaan perlu memastikan bahwa data mereka dibersihkan sebelum disimpan di cloud.
  10. Usaha melawan kejahatan cyber tidak bisa dilakukan sendiri dan industri keamanan bersama-sama dengan penyedia layanan telekomunikasi dan pemerintahan dari seluruh dunia akan menggabungkan kekuatan untuk mengalahkan kejahatan cyber.

Nampaknya, ancaman terhadap keamanan cyber di 2015 mendatang akan tetap terjadi. Anda harus tetap berhati-hati saat berselanjar di dunia maya. Memasang internet security dan merubah cara anda berinternet bisa menjadi upaya terbaik untuk menjaga keamanan data privasi anda.

tags: , ,

Related For Ramalan Symantec Terhadap Keamanan Cyber Di 2015