Rawat Laptop dengan Rutin Bersihkan Laptop. Begini caranya !

Friday, June 2nd 2017. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Merawat laptop dengan baik akan tetapi juga harus rutin dalam membersihkannya merupakan salah satu hal yang terpenting untuk menjaga dan menghindari laptop dari kerusakan karena debu dan kotoran, pastinya anda pun tidak menginginkan laptop ada terjadi kerusakan bukan? Dan pastilah jika terjadi kerusakan pada laptop anda akan kebingungan akan semua data yang tersimpan didalamnya karena dikhawatirkan tidak dapat diambil lagi.

Nah permasalahan yang sedemikian hebat sebenarnya dapat dihindari dengan sentuhan tangan yang rutin memberihkan laptopnya untuk strategi sejak dini sebagai bentuk penghindaran dari problema laptop nantinya, akan tetapi apabila anda meremehkan yah jangan salahkan laptop apabila laptop anda akan bermasalah yang mengakibatkan anda merasa jengkel dengan kinerja laptop yang semakin menurun.

Merawat Laptop dengan Rutin Bersihkan Laptop

Merawat Laptop dengan Rutin Bersihkan Laptop

Pastilah anda sangat tidak menginginkan hal demikian, karena laptop erupakan sarana teknologi informasi yang paling terpenting terutama bagi para pekerja kantoran atau pekerja yang sifatnya selalu berhadapan dengan laptopnya, tentu tidak akan membiarkan laptop yang penuh dengan data-datanya apalagi data terpenting itu hilang.

Oleh karena itulah pencegahan yang paling mudah dan dapat dilakukan setiap orang adalah membersihkan laptop secara rutin, perhatikan tips berikut :

1. Bersih seluruh fisik laptop

Untuk melakukan pembersihan menyeluruh terhadap fisik laptop selain layar laptop, langkah yang harus anda ambil sebelum melakukan pembersihan adalam mematikan semua komponen laptop yang menyala, hal demikian untuk menghindari terjadinya kontak langsung terhadap kejutan listrik, setelah semua komponen telah mati secara sempurna barulah anda dapat melakukan pembersihan terhadap laptop anda.

Biasanya pembersih untuk laptop tersedia pada toko-toko elektronik dan pada umumnya berupa botol spray, nah botol spray tersebut jangan langsung digunakan dengan menyemprotkan ke laptop karena dikhawatirkan akan masuk kedalam komponen, gunakan kapas halus atau kain lembut dan tidak berserat yang sudah terbasahi dengan air pembersih dan usapkan kepada fisik laptop terutama pada bagian bawah laptop.

2. Pembersihan khusus terhadap layar monitor

Pembersihan pada layar monitor merupakan salah satu cara membersihkan yang harus dilakukan dengan hati-hati karena merupakan komponen ayar yang sangat sensitif terhadap kerusakan dan goresan, disangatkan untuk menggunakan kain yang lembut tanpa berserat untuk membersihkannya yang mana kain itu sudah terbasahi dengan air pembersih.

Lakukan dengan hati-hati dan jangan sembarang dalam penggunaannya, lakukanlah pembersihan secara searah untuk menghindari goresan pada layar LCD.

3. Bersihkan sela-sela tombol keyboard

Tombol-tombol keyboard yang terdapat pada laptop supaya dibersihkan dari debu-debu yang menempel, biasanya debu atau kotoran tersebut ada karena beberapa factor, bisa karena tangan kita yang tidak bersih sehingga membawa kotoran ketika proses pengetikan ataupun karena debu yang beterbangan, untuk menghindari hal demikian anda dapat menggunakan plastik khusus yang digunakan untuk menutup keyboard guna menghindari debu yang akan masuk kedalam tombol.

Debu-debu yang terdapat pada sela-sela tombol dapat anda bersihkan dengan cara gunakan kuas halus untuk mengeluarkan debu dari sela-sela tombol yang sulit dikeluarkan dengan jari tangan, dan anda pun juga harus membersihkan tombol dengan cairan pembersih.

4. Proses Finished

Jika semua sudah selesai, maka disangatkan untuk membiarkan sementara waktu laptop tersebut sampai basah yang terdapat pada laptop akibat terkena air pembersih itu kering, barulah anda dapat mengaktifkan laptop anda kembali.

Langkah Rawat Laptop dengan Rutin Bersihkan Laptop begitulah caranya agar anda pun dapat meminimalisir kerusakan sejak awal dan bisa dikatakan sebagai upaya pencegahan agar laptop anda tidak mudah rusak, sebenarnya jika anda memperhatikan dengan seksama dan perhatian akan perawatan laptop anda maka keuntungan yang didapatpun dapat anda rasakan yaitu salah satunya adalah keawetan laptop anda yang dapat bertahan lama.

tags: , , , ,

Related For Rawat Laptop dengan Rutin Bersihkan Laptop. Begini caranya !