Regin is watching on you !

Monday, May 15th 2017. | Blog
Sponsored Links

Komputer merupakan alat keseharian yang tidak bisa jauh dari pekerjaan saat ini. Hampir disemua bidang pekerjaan menggunakan komputer. kecanggihan komputer saat ini memang sangat penting perananya bagi kemudahan pekerjaan. Akses internet yang mudah saat ini juga ikut mendongkrak penggunaan komputer. kebutuhan akan informasi yang terbaru juga kebutuhan untuk berkomunikasi menjadi faktor pendorong yang lain membuat komputer menjadi teman setia disetiap saat.

Namun kemudahan untuk bertukar informasi saat ini membuat beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen tersebut. Mereka dengan sengaja menyusup ke komputer melalui program-program jahat yang mereka buat. Program jahat inilah yang dikenal dengan istilah virus komputer. program jahat tersebut memang sengaja disusupkan ke komputer lawan dengan tujuan agar pembuat program jahat tersebut bisa mengakses informasi yang terdapat pada data komputer yang terinfeksi. Dengan kata lain pembuat virus tersebut bisa memiliki akses dan bisa mengontrol komputer yang terjangkiti virus buatanya.

Symantec

Symantec

Perusahaan antivirus besar, Symantec, menemukan adanya Regin spy yang bersembunyi di jaringan komputer. para peneliti keamanan dari Symantec menemukan bukti bahwa malware baru telah digunakan dibeberapa Negara. Bahkan ada beberapa Negara yang menjadi sasaran utama dari malware ini yakni Arab Saudi dan Rusia , serta Pakistan , Afghanistan dan Meksiko . para peneliti keamanan Symantec mengatakan bahwa malware tersebut sudah memata-matai Negara tersebut selama 6 tahun. Glenn Greenwald yang merupakan salah satu wartawan dari majalah digital melaporkan bahwa malware Regin ini merupakan bagian dari kerjasama panjang operasi oleh Badan Keamanan Nasional dan rekan asal inggirs. Laporan ini juga didasarkan atas keterangan yang diungkapkan oleh mantan anggota NSA, Edward J.Snowden. Para peneliti juga menemukan versi baru dari malware ini yang digunakan untuk memata-matai para korbanya seperti para akademisi, pengusaha, perhotelan, perusahaan maskapai penerbangan, dan beberapa sector industry lain seperti pada perusahaan energy dan telekomunikasi.

Menurut para peneliti keamanan dari Symantec, Regin ini merupakan malware yang sangat lihai karena dia dapat menghindari dari alat pengindaian. Regin ini bisa mengambil screenshot dan mengambil alih fungsi dari point dan klik mouse komputer. selain itu malware ini bisa merekam password, memonitoring lalul lintas jaringan dan mengumpulkaninformasi dari komputer korbanya. Hal lain yang bisa dilakukan malware ini adalah dia dapat memindai dan mengambil file yang telah dihapus dari komputer. pada sector komunikasi malware ini bahkan bisa meretas data melalui operator seluler melalui call center mereka.

Namun bagaimanakah Regin tersebut bisa menginveksi korbanya atau bagaimana Regin tersebut bisa lolos dari scanner antivirus. Mungkin itulah misteri yang menjadi pertanyaan banyak pihak. Menurut penalaran dari Symantec, malware ini memiliki metode yang bervariasi dalam menginfeksi korbanya. Dalam satu kasus biasanya korban diarahkan menuju link palsu kemudian tanpa disadari mereka telah mendownload malware tersebut ke perangkat mereka.

Dalam kasus yang lain ada juga yang menyebar melalui layanan pesan instan yahoo messenger. Majalah digital The Intercept mengungkapkan kasus yang terjadi pada perusahaan Belgacom yang terinveksi oleh malware ini adalah karena ada karyawan dari penyerang yang sengaja disusupkan ke perusahaan tersebut kemudian dari sana dia mendownload malware tersebut hingga akhirnya perusahaan tersebut terinfeksi oleh malware ini. Disitus resmi Symantec para peneliti keamanan menambahkan “banyak komponen Regin masih belum ditemukan atau diketahui, bisa jadi malware tersebut memiliki fungsi tambahan yang lain dan memiliki versi terbaru mereka”. Kemungkinan –kemungkinan yang masih belum terpecahkan inilah yang harus diantisipasi oleh para pengguna komputer agar bisa memilih antivirus yang handal dan harus selalu di perbarui agar antivirus tersebut bisa mengenali setiap malware atau virus yang hadir dengan versi baru mereka.

tags: , , , ,

Related For Regin is watching on you !