Reset Bios Mudah untuk Newbie

Sunday, April 16th 2017. | Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Newbie yang selalu semangat membara untuk belajar tentang komputer pasti tidak habis – habisnya untuk mengisi dahaga belajar komputer. sebelum belajar komputer tingkat lanjut, ada baiknya newbie juga belajar komputer dari dasar dahulu. Salah satu trik dasar komputer yang bisa dipelajari oleh newbie adalah reset bios.

Newbie, kenapa bios juga harus direset? Dan apa fungsi atau tujuan reset bios? Berikut jawabanya:

  1. Reset BIOS dibutuhkan jika terjadi kesalahan dalam pengaturan BIOS sehingga diperlukan mengembalikan BIOS seperti setingan awal.
  2. Saat melakukan upgrade atau downgrade prosesor. Penggantian prosesor dapat menyebabkan motherboard tidak dapat bekerja. Hal ini disebabkan oleh setting BIOS lama masih membaca bus clock dan ratio prosesor yang lama. Namun, newbie tidak perlu khawatir karena pada motherboard terbaru telah terdapat fitur autodetection terhadap bios.
  3. BIOS Komputer memungkinkan untuk dipassword. Ketika bios terpassword baik karena lupa maupun di password teman yang sedang iseng. Clear password merupakan cara termudah untuk menghilangkan password yang telah dibuat.

Cara mudah reset password:clear_cmos

  1. Lepaskan komputer dari sumber listrik. Cabut kabel power dari stop kontak dan juga cabut kabel power 24 pin ( kabel power supply ) dari motherboard.
  2. Tunggu beberapa saat agar listrik benar-benar hilang dari motherboard. Untuk mempercepatnya dapat dilakukan dengan menekan tombol power komputer agak lama. Hal ini dimaksudnya untuk menghabiskan seluruh tegangan sisa yang tersimpan di beberapa komponen komputer seperti condensator electrolit pada motherboard.
  3. Cari tombol atau jumper yang terdapat tulisan CLR CMOS pada motherboard. Biasanya terletak di dekat baterai CMOS. Jumper clear CMOS ini biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu ada yang menggunakan 2 pin atau 3 pin. Jika menggunakan tombol, tekan tombol clearnya. Namun, jika tipe jumper 3 pin, pindahkan posisi jamper ke sisi lainnnya. Dan untuk tipe jumper 2 pin, tinggal menjumper kedua pin tersebut. Jika tidak memiliki jumper dapat dilakukan dengan menshortkan kedua pin tersebut menggunakan obeng standar. Intinya adalah agar kedua pin terjadi short. Tunggu beberapa saat.
  4. Kemudian kembalikan posisi jumper ke posisi semula. Cabut jumper untuk tipe 2 pin atau kembalikan jumper ke tempat sebelumnya untuk yang menggunakan 3 pin.
  5. Pasang kembali kabel power suppler 24 pin ke motherboard kemudian hubungkan kembali kabel power ke stop kontak.Tekan tombol power untuk menyalakan komputer, apabila reset BIOS berhasil maka setting BIOS akan kembali ke mode default.

Cukup mudah bukan, asal newbie tahu lokasi clear jumper dan tipe dari jumper yang terpasang pada motherboard maka newbie bisa menjadi teknisi sendiri. selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • reset cmos tujuannya apa
  • cara mengoff jumper clear cmos
tags: , ,

Related For Reset Bios Mudah untuk Newbie