Sebagian FASILITAS-FASILITAS di INTERNET

Saturday, April 9th 2016. | Blog
Sponsored Links

1. Word Wide Web (www)
WWW

WWW merupakan fasilitas data base terdistribusi. WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web yang berisi suara, gambar, animasi, text dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat Wrld Wide web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).
2. E-Mail (Electronic Mail)
E-mailDigunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain sebagai surat elektronik. Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online di internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
E-mail adalah surat elektronik, dimana pengiriman dan penerimaan surat dilakukan secara elektronik. Pesan yang dikirimkan melalui email akan sampai di tujuan, dalam waktu beberapa menit saja, meskipun jaraknya jauh. Sebuah pesan email dapat dikirim pada beberapa alamat tujuan, dalam waktu yang bersamaan.
JENIS-JENIS EMAIL
o Web Based Mail
Web Based Mail biasanya bersifat gratis, diakses menggunakan browser. Pada saat membaca dan menulis pesan harus keadaan online.
o Pop Mail
Pop Mail ada yang bersifat gratis dan membayar, diakses menggunakan email client. Pada saat membaca dan menulis pesan dapat dalam keadaan offline. Keadanan online hanya pada saat mengirim dan menerima pesan.
Saat ini, email tidak hanya berisi text saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email,saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan apa saja di seluruh dunia dengan fasilitas email ini, asalkan anda sudah memiliki alamat email tertentu. Contoh alamat email : [email protected], [email protected]

3. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Merupakan fasilitas basis dari www.

4. Kelompok Diskusi (Mailing List)
Fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan e-mail. Maling List atau sering disebut milis dikalangan neter indonesia, adalah salah satu jenis discussion grup di internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimakan email pada list address. Setiap email yang masuk kemudian akan dikirim balik ke setiap member milis tersebut. Untuk menjadi member sebuah milis dimulai dengan mengirim email ke subsrption address. Setelah menjadi member kita bisa menerima email dari yang lain dan juga email ke milis.
Contoh alamat milis :
List address : [email protected]
Langganan : [email protected]
Berhenti : [email protected]

5. TelNet
TelnetFasilitas untuk mengakses remot komputer yang terletak di tempat lain.

6. FTP (File Transfer Protocol)
Digunakan untuk mengambil data file secara elektronik. Internet telah menyediakan fasilitas file (data) dokumen yang siap untuk diakses secara gratis.FTP atau File Transfer Protocol adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet.
7. Ghoper
Fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol ghoper. ghoperGhoper adalah aplikasi perangkat linak yang tersusun atas untaian menu pencarian dan penemuan kembali. Situs Ghoper adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia secara mendasar, menu-menu ini adalah dafatr isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi.

8. Chatting (INTER RELAY CHAT)
Salah satu aktifitas untuk berkomunikasi antara sesama pemaki internet menggunakan media tulis secara online dan real-time. Chatting adalah fasilitas yang diigunakan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau disebut dengan chatting.

9. Newsgroup
Newsgroup adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis groups menggunakan komputer jaringan khusus yangdisebut UseNet

tags: , ,

Related For Sebagian FASILITAS-FASILITAS di INTERNET