Segera Atasi Pesan Komputer Reboot and Select Proper Boot Device. Begini Caranya !

Wednesday, December 10th 2014. | Jaringan, Komputer
Sponsored Links

Terkadang beberapa orang sering mendapatkan pesan Komputer yang sedang error berisi Reboot and Select Proper Boot Device. Nah pastinya anda merasakan kebingungan terhadap apa yang dialami computer anda, hal demikian dapat terjadi karena terdapat beberapa kemungkinan, dan salah satunya terdapat kemungkinan terjadi kerusakan pada computer anda, dan pesan ini menandakan computer tidak bisa melakukan proses booting terhadap piranti yang ditentukan.

Komputer Error Muncul Pesan Reboot and Select Proper Boot Device

Komputer Error Muncul Pesan Reboot and Select Proper Boot Device

Akan tetapi jangan menghawatirkan ha ini, dipostingan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menghadapi komputerada ketika menerima pesan Reboot and Select Proper Boot Device saat computer hitam blank dan akhirnya muncul pesan demikian.

Nah solusi untuk mengatasi beberapa kemungkinan sehingga muncul pesan Reboot and Select Proper Boot Device yang ada dikomputer anda adalah :

1.Periksa keadaan kabel.

Kemungkinan saat anda ingin mengoperasikan computer tiba-tiba muncul pesan demikian, maka cobalah periksa kabel yang terhubung pada power supply juga pada harddisk, ada kemungkinan bila dikarenakan kabel yang tersambung itu masih longgar / tidak rapat, maka pastikan terlebih dahulu kabel-kabel yang tersambung dan coba pastikan kabel itu tidak longgar lagi.

2. Buka Cassing Komputer.

Kemungkinan kedua ini juga sangat mempengaruhi kerja operasi computer, jika computer menerima pesan Reboot and Select Proper Boot Device, ada kemungkinan bila didalam computer anda itu terdapat debu yang menempel pada komponen computer, maka lebih baik bila dibersihkan terlebih dahulu dan dicek keseluruhan.

3. Cek keadaan harddisk

Setelah dua cara tersebut dilakukan dan tidak berhasil maka cobalah cek harddisk pada computer, pastikan harddisk itu tidak mengalami gandengan atau bisa dikatakan benturan terhadap komponen lain, dan pastikan juga harddisk anda tidak kena air, karena hal demikian juga dapat mempengaruhi computer mengalami gagal proses booting.

4. Lakukan Setting BIOS

Langkah berikutnya jika computer anda masih terdapat pesan itu adalah lakukan restart ulang dan masuklah ke meni Bios dengan cara tekan tombol yang bertulisan delete/ del atau dengan menggunakan F2, karena biasanya untuk masuk kedalam menu Bios, tombol yang digunakan pada keyboard biasanya berbeda-beda. Kemudian tekan F9 untuk menyetting default dan gunakan F10 untuk keluar/eqit dan menyimpan, apabila upaya tersebut masih belum ada perubahan maka masuklah ke menu BIOS dan silahkan masuk dan jalankan proses pada konfigurasi harddisk atau konfigurasi CMOS, setelah itu lihatlah apakah set boot 1 yang berada pada piranti keras/ hard disk itu ada pada posisi master atau tidak? Jika sudah ketemu silahkan pastikan terlebih dahulu.

5. Cek Kabel Hardisk

Biasanya jika hal tersebut masih tidak bisa, coba pastikan kabel harddisk terdapat kerusakan ataukah tidak? Apabila terjadi kerusakan berat maka supaya segeraa digantu dengan yang baru, tetapi apabila hard disk tersebut hanya mengalami badsector maka ha demikian masih dapat diperbaiki dan tidak perlu mengganti dengan yang baru.

6. Cek Kabel penyambung pada Power Supply

Terkadang ada kemungkinan apabila computer menerima pesan Reboot and Select Proper Boot Device, ada kemungkinan berarti terdapat kerusakan pada kabel penyambung yang ada pada Power supply. Untuk mengatasinya adalah menggantinya dengan yang baru.

Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada computer apalagi sampai menerima pesan Reboot and Select Proper Boot Device , maka hal itu haruslah diatasi sesegera mungkin dan dicari tau asal masalahnya berasal dari mana, nah maka dengan upaya-upaya diatas sudah dilakukan, maka memang ada yang bermasalah pada bagian kabel penyambungnya, entah itu kurang rapat ataukah sudah rusak, maka hal demikian haruslah diketahui sejak dini akan solusi-solusi sehingga kepanikan dan kebingungan pun tidak ada saat masalah tersebut ada.

Incoming search terms:

  • reboot and select proper boot device
  • mengatasi reboot and select proper boot device
  • reboot and select proper boot device pada laptop
  • cara reboot komputer
  • reboot and select proper boot device pada laptop asus
  • reboot and select proper boot device laptop asus
  • cara mengatasi reboot and select proper boot device pada laptop
  • cara mengatasi komputer reboot and select proper boot device
  • reboot and select proper boot device solusi
  • solusi reboot and select proper boot device
tags: , , ,

Related For Segera Atasi Pesan Komputer Reboot and Select Proper Boot Device. Begini Caranya !