Sejarah Komputer dari Masa ke Masa

Friday, July 29th 2016. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Awal di ciptakannya komputer untuk di gunakan sebagai alat hitung aritmetika saja, namun tahun ke tahun komputer semakin canggih dan semakin simple. Banyak sekali perubahan yang di alami oleh komputer, awal adanya komputer adalah komputer sempoa sebagai alat hitung aritmetika sederhana.

sejarah komputer

sejarah komputer

Generasi Pertama Komputer Tahun 1940 – 1950

Generasi pertama ini komputer masih menggunkan beberapa tabung vakum besar antara lain : crystal diodes, relays, resistors, serta capacitors, yang menggunakan daya listrik cukup besar kurang lebih 150 kilowatt. ENIAC adalah komputer pertama yang ada, ENIAC singkatan dari Electronic Numerical Integrator And Computer. Komputer ENIAC belum menggunakan kode biner namun komputer ini sudah berbentuk digital. Pemogramannya dengan plugboard dan switch yang mana input dan output dari IBM Cad sudah di dukung.

Generasi Kedua Komputer Tahun 1955 – 1960

Dengan ditemukannya transistor komputer kedua ini muncul. Yang di kembangkan tahun 1953 di University of Manchester. Komputer kedua ini adalah komputer pertama yang menggunakan transistor, dengan mengganti vakum – vakum yang di pakai komputer generasi pertama. Bentuknya pun lebih kecil dari pada komputer generasi pertama namun kalau di bandingkan dengan komputer saat ini masih sangat jauh beda. IBM yang di gunakan IBM 1401 menjadikan sedikit populer.

Generasi Ketiga Komputer Tahun 1960

Generasi ketiga juga di ciptakan karena adanya penemuan seperti halnya komputer generasi kedua. Kalau generasi kedua karena di temukannya transistor namun komputer ketiga ini dengan di temukannya Integrated Circuits (IC) biasa di kenal dengan microchips. Jauh berbeda dengan kamputer pertama dan kedua, komputer ketiga lebih kecil sehingga di kenal dengan minicomputer. Transistor juga masih di digunakan oleh komputer generasi ketiga sehingga komputer kedua belum punah. Minicomputer juga bisa dibilang jembatan antara mainframe dengan microcomputer. Bentuk yang lebih kecil harga yang di punyai juga semakin murah.

Generasi Keempat Komputer Tahun 1971

Komputer generasi keempat ini menggunakan microchips yang berbasis CPU (Central Processing Unit). Yang mana komponen – komponen CPU yang di butuhkan masuk ke dalam microchips biasanya di sebut microprocessor. Dengan adanya microprocessor menjadikan microcomputer semakin berkembang, yang sekarang ini di kenal dengan komputer pribadi. Microprocessor yang pertama kali keluar adalah microprocessor intel 4004.

Generasi Kelima Komputer (saat ini)

Komputer generasi kelima adalah komputer yang saat ini kita gunakan. LSI (Large Scale Integration) merupakan tanda munculnya komputer generasi kelima, yang mana pemadatan microprocessor terjadi. Banyak sekali perbedaan dari komputer generasi – generasi yang sebelumnya.

Perkembangan komputer saat ini memang sangat pesat dan semakin canggih. Kita yang hidup di zaman sekarang bisa di bilang enak, karena komputer yang kita gunakan sudah modern dan semakin canggih.

Incoming search terms:

  • perkembangan komputer dari masa ke masa
tags: , ,

Related For Sejarah Komputer dari Masa ke Masa