Sekilas Ilmu Desain Grafis

Wednesday, August 17th 2016. | Blog
Sponsored Links

Sejarah desain grafis dimulai dari seseorang yang sebelumnya pernah berpengaruh dalam pendidikan desain inggris yaitu Henry Cole, dan dia selalu yakin terhadap pemerintah dengan pentingnya desain di dalam sebuah yang diberi judul Journal of Desaign and Manufactures. Sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain dengan gaya Victoria diapun menyelenggarakan The Great Exhibition. Gerakan Arts and Crafts telah membuat sebuah buku karya desain grafis yang sudah dipublikasikan oleh William Morris Kelmscott sejak tahun 1891 sampai 1896.

selain itu mereka juga membuat buku yang bertujuan untuk dijual kepada orang-orang kaya yang sangat bagus dan elegan. Untuk itu moris mempelopori rangka pemisahan seni rupa dari desain grafis dan morris juga telah membuktikan dengan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Satu per satu karya-karya morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung telah mempengaruhi Art Noveau, dan adapun secara tidak langsung perkembangan desain grafis pada awal abad ke 20 juga sudah dipengaruhi oleh karya-karyanyaDEs.DD

Pada tahun 1922 disebuah esai yang berjudul New Kind of Printing Calls for New Desaign Kata Desain Grafis telah digunakan yang sudah ditulis oleh William Addison Dwiggins, ia adalah salah satu desainer buku yang ada di Amerika, dan untuk pengertian dari Desain Grafis sendiri adalah seni dalam berkomunikasi dengan menggunakan ruang , gambar, dan yang paling terpenting tulisan. Adapun untuk bidang desain grafis ini juga meriupakan bagian dari komunikasi visual. Seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi itu semua sudah tercakup pada Ilmu Seni Grafis.

Pada tahun 1927 buku Raffe’s Graphic Desaign telah dimunculkan, pada judulnya buku ini telah dianggap buku yang pertama kalinya menggunakan istilah Desain Grafis. Salah satu contoh Desain Klasik pada abad modern yang saat itu menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916 adalah The signage in the London Underground. Di daerah Uni Soviet ada aliran konstuktivesme melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya dan membuat sesutu yang bisa nyata di dunia. Seperti contoh mereka sudah mendesain perabot, logo, bangunan, menu, pakaian, kain, poster, dan lain sebagainya.

Dari buku yang berjudul New Typography, Jan Tschichold telah merumuskan prinsip-prinsip modern tipografi pada tahun 1928. Tschichlod ini salah satu tipografer yang berpengaruh besar pada Ilmu desain grafis yang saat ini telah kinal kenal. Setelah itu pasca Perang Dunia ke II, untuk periklanan dan kemasan produk kebutuhan ilmu desain semakin meningkat. Pada tahun 1937 Sekolah Bauhaus yang saat itu pindah ke Chicago dari jerman berpengaruh besar di Amerika untuk Ilmu Desain. Kemajuan Industri Desain Grafis tumbuh seiring dengan berkembangnya konsumerisme.

Incoming search terms:

  • ilmu desain dimulai pada tahun
tags: , ,

Related For Sekilas Ilmu Desain Grafis