Sekilas Info Tentang Pengertian dan Fungsi Peripheral Komputer.

Saturday, December 13th 2014. | Aksesoris, Hardware, Komputer, Multimedia
Sponsored Links

Ilmu komputer sangatlah luas, dan salah satunya adalah Info Tentang Pengertian dan Fungsi Peripheral Komputer. Jadi tidak hanya mengerti nama-namanya saja akan tetapi perlu ditelusuri arti sesungguhnya itu apa, dan bagaimana fungsi yang dijalankannya. Ulasan berikut ini akan dijabarkan lebih luas lagi tentang Pengertian dan Fungsi Peripheral Komputer.

Peripheral Komputer

Peripheral Komputer

Pengertian Peripheral Komputer.

Peripheral merupakan sebuah komponen perangkat keras yang termasuk komponen tambahan yang disambungkan kesistem komputer dengan tujuan dari peripheral itu sendiri adalah untuk mempermudah kinerja hardware yang tidak dapat dikerjakan oleh system komputer. Akan tetapi era modern sekarang ini banyak komponen hardware yang nirkabel atau tidak berkabel (peripheral wireless).

Disini terdapat beberapa jenis peripheral komputer yang terdapat pada computer sebagai perangkat pendukung Seperti :

a. Peripheral Utama.

Peripheral utama atau main peripheral merupakan perangkat yang paling penting dan harus ada untuk mendampingi komputer agar kinerja komputer dapat berjalan untuk mengoperasikan dirinya dengan baik dan tepat. Nah contohnya sedniri dari komponen perangkat utama adalah seperti keyboard, mouse, dan layar monitor.

b. Peripheral pendukung atau tambahan.

Peripheral pendukung atau auxillary peripheral, merupakan perangkat peripheral yang tidak harus ada atau tidak wajib ada untuk mengoperasikan komputer, akan tetapi perangkat tersebut sangat dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan. Contoh dari peripheral pendukung diantaranya adalah printer, scanner, kamera atau webcam, perangkat modem, flasdisk, dan lain-lain.

Tidak hanya itu,disini juga akan dijelaskan bagaimana proses kerjanya dalam input program agar dapat mempermudah system operasi komputer, yakni proses Input dan proses Output. Berikut ulasannya.

a.  Perangkat input (program masukan)

Perangkat masukan atau input ini merupakan perangkat yang bertugas untuk melakukan masukan terhadap program yang akan dijalankan dalam system komputer atau dengan kata lain perangkat masukan merupakan perangkat komponen yang memberikan intruksi untuk masuk kedalam komputer. Nah contohnya ada disekitar kita sendiri yaitu seperti keyboard, mouse, scanner, microphone, kamera yang berbasis digital maupun peripheral masukan lainnya.

b. Perangkat output (program keluaran).

Perangkat output atau perangkat keluaran adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran dari hasil pengelolaan terhadap komputer untuk dimunculkan berupa tampilan ke layar monitor ataupun berupa suara dan berupa kertan hasil print olahan komputer. Contoh dari perangkat output diantaranya seperti scanner, printer, speaker dan lain sebagainya.

Pastilah semua perangkat peripheral mempunyai fungsi dan tugas yang ditumpunya, yang mana memiliki tujuan untuk mempermudah proses system operasi dan sebagai perangkat yang saling bekerjasama untuk membantu dengan perangkat yang lainnya, mkaa dari itu perangkat peripheral membutuhkan user untuk mereka agar saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Incoming search terms:

  • Tujuan penggunaan peripheral bersama
  • tujuan dari penggunaan peripheral bersama
  • fungsi peripheral
  • apakah peripheral itu
  • rangkuman peripheral komputer
tags: , , , ,

Related For Sekilas Info Tentang Pengertian dan Fungsi Peripheral Komputer.