Sekilas Pandang tentang Keyboard dan Mouse PS2 dan USB

Friday, December 19th 2014. | Aksesoris, Hardware, Komputer
Sponsored Links

Keyboard adalah termasuk salah satu peripheral atau perangkat keras tambahan yang wajib ada bagi komputer. keyboard memiliki fungsi yang sangat penting bagi komputer. Tidak hanya untuk mengetik saja, namun untuk memasukan berbagai macam perintah ke komputer bisa dilakukan dengan keyboard.

Keyboard juga memiliki pasangan teman yang selalu setia untuk mendampingi agar perintah yang diamsukan ke dalam komputer bisa lebih mudah. Teman keyboard tersebut adalah mouse. Mouser juga merupakan perangkat tambahan yang sifatnya wajib ada bagi komputer. jadi dengan kolaborasi antar keduanya kita lebih mudah dalam mengoperasikan komputer.

Pada komputer lama, mouse dan keyboard ini terkadang juga menyusahkan. Menyusahkan disini karena faktor dua hal. Faktor yang pertama adalah karena peripheral ini menggunakan sambungan kabel. Faktor yang kedua adalah karena portnya sering kali mengalami kerusakan apabila salah pasang atau sering dilepas khususnya yang menggunakan port PS2.

PS/2 Vs USB

PS/2 Vs USB

Faktor yang pertama kenapa sambungan kabel ini dianggap menyusahkan, ini karena sambungan kabel mouse ataupun keyboard yang agak panjang membuat komputer menjadi semrawut karena adanya kabel yang berserakan diatas meja yang mengurangi nilai praktis dan estetis perangkat komputer. Malah kadang kabel antar mouse dan keyboard sering terbelit satu sama lain. Belum lagi terkadang kabel tersebut juga menjadi sasaran tikus karena sering juga kabel tersebut putus akibat digigit oleh tikus.

Faktor yang kedua yang menyusahkan adalah port PS 2 antara mouse dan keyboard seringkali tertukar. Bentuknya yang mirip sekaligus letaknya yang sulit untuk dibedakan karena terletak di bagian belakang komputer menyebabakan banyak penggunanya seringkali salah memasangnya. Jika port mouse dan keyboard terpasang terbalik otomatis komputer tidak akan bisa diperasikan dengan benar. Bahkan untuk membaca perangkat tersebut komputer juga tidak akan bisa mengenalinya.

Kesalahan dalam pemasangan sambungan mouse atau keyboard ke portnya juga bisa merusak sambungan penting sehingga apabila portnya rusak maka tidak akan bisa digunakan lagi. Jika hal demikian sudah terjadi maka pengguna komputer bisa mengganti portnya dengan port yang baru namun cara ini perlu tenaga ahli dibidangnya. Tetapi ada juga cara yang lebih mudah yaitu dengan membeli perangkat yang baru yang menggunakan sambungan USB.

Meskipun port PS 2nya rusak namun mouse dan keyboard yang menggunakan sambungan USB tetap masih bisa dijalankan. Cara pemasangan atau penyambungan port USB dari mouse dan keyboard sangat mudah. Kedua perangkat tersebut bisa ditempatkan disemua port USB yang ada di komputer. mouse dan keyboard USB adalah perangkat yang bersifat plug and play, jadi sekali tancap ke port usbnya perangkat tersebut langsung bisa dioperasikan atau dijalankan. Cukup mudah tidak seperti port PS 2 yang harus teliti ketika menghubungkan perangkatnya ke tiap port yang sesuai.

Incoming search terms:

  • cara merubah keyboard ps2 jadi usb
  • cara mengganti kabel keyboard komputer menjadi usb
  • cara mengganti kabel stik ps2 menjadi usb
  • cara ganti kabel keyboard colokan ps2 ke usb
  • kabel keyboard ps2 diganti usb
  • cara ubah keyboard ps2 jadi usb
  • merubah keyboard ps2 dengan kabel usb
  • cara mengganti port usb menjadi ps2 pada keyboard
  • cara mengubah keyboard ps2 menjadi usb
tags: , ,

Related For Sekilas Pandang tentang Keyboard dan Mouse PS2 dan USB