Sekilas Pandang Tentang Software Asli dan Bajakan

Friday, September 18th 2015. | Blog, Software, Tutorial
Sponsored Links
membajak software

membajak software

Apakah anda termasuk pengguna komputer yang menggunakan software yang asli? Atau apakah anda termasuk pengguna komputer yang gemar dengan software bajakan? Asli atau bajakan memang secara penggunaan tidak ada bedanya. Namun yang membuat perbedaan yang paling jelas adalah harga dari keduanya. Pada umumnya harga software yang asli jauh lebih mahal dari pada software bajakan.

Software yang asli terdapat lisensi yang melindunginya. Untuk bisa memasangnya pada komputer anda, anda akan diberikan serial number khusus dan CD atau DVD yang tidak mudah untuk digandakan. Sedangkan pada software bajakan anda tidak akan mendapatkan serial number dan data atau filenya bisa dengan mudah anda lipat gandakan.

Mungkin terdengar agak ekstrim menyebutnya dengan bajakan, namun software seperti ini biasanya juga dikomersilkan untuk umum. Untuk bisa mendapatkan software bajakan atau tidak asli ini anda bisa membelinya di toko komputer atau di tempat rental CD atau DVD. Selain itu anda juga mendownloadnya secara gratis melalui web server yang menyediakan.

Software bajakan biasanya adalah software asli yang merupakan system trial. Maksudnya trial disini adalah ketika anda mendownloadnya dari web server resminya anda dapat memasang atau menginstall pada komputer layaknya software aslinya namun setelah anda menginstallnya, anda akan mendapat pemberitahuan bahwa software anda memiliki masa penggunaan sampai beberapa waktu atau hari setelah penginstalan. Masa trial yang diberikan biasanya antara dua minggu sampai satu bulan.

Pada masa trial tersebut anda bisa menggunakan semua fitur dari software tersebut secara penuh walaupun ada juga vendor software yang membatasi anda dalam menggunakan software yang trial tersebut. Hal tersebut bisa dikarenakan software tersebut belum sepenuhnya diaktifkan. Untuk bisa menikmati semua fitur yang dibawakan oleh software tersebut anda akan diminta memasukan kode atau serial number. Seial number ini ada yang susunanya dari rangkaian angka ada pula yang merupakan kombinasi atau gabungan dari huruf dan angka.

Hal tersebut memang sengaja dilakukan oleh vendor software untuk memproteksi sekaligus memberikan kesempatan pada pelanggan untuk mencoba software mereka sebelum pelanggan memutuskan untuk membeli software secara resmi. Contoh software yang terdapat masa trialnya adalah antivirus, Microsoft office, operating system, dan lain sebagainya.

Memang sangat disarankan bagi pengguna komputer untuk selalu menggunakan software yang asli dari pada yang bajakan. Software yang asli akan memberikan perlindungan yang lebih baik karena dia berada langsung dibawah vendor resminya. Sedangkan software bajakan belum tentu bisa memberikan keamanan terhadap data pribadi karena biasanya dalam paket penjualan software bajakan ini disertakan crack, keygen atau patch untuk membuat software tersebut menjadi full service. Akan tetapi crack, keygen atau patch ini kerap kali terbaca sebagai virus oleh antivirus. Bisa jadi memang mereka sudah disisipi virus guna mendapatkan data pribadi anda saat anda mengaktifkan software anda. Apakah crack, keygen dan patch tersebut memang virus? Dan apakah itu berbahaya bagi komputer anda? Nantikan kelanjutanya pada konten komputerlamongan.com selanjutnya.

tags: , , ,

Related For Sekilas Pandang Tentang Software Asli dan Bajakan