Sekilas Pandang Tentang Sound Card

Tuesday, April 18th 2017. | Hardware, Komputer
Sponsored Links
Sound Card

Sound Card

Apakah anda termasuk salah satu pecinta music atau yang paling hobi mendengarkan music? Apakah anda juga termasuk yang gemar main game? Pernahkan anda mendapati music atau game anda mengeluarkan suara yang kurang pas ditelinga? Jika anda pernah mengalami demikian anda, maka di komputerlamongan.com ini anda akan menemukan jawaban yang pas untuk mencari solusi dari masalah anda.

Sound card! Ya, itulah jawaban yang anda butuhkan untuk dapat mengatasi masalah suara yang kurang baik yang dihasilkan oleh perangkat anda. Apakah itu sound card? Dan apa fungsi dari sound card pada perangkat komputer anda? Berikut komputerlamongan.com akan mencoba mengulasnya satu persatu.

Kita mulai dari definisi sound card. Sound card adalah hardware atau perangkat multimedia pada komputer yang berfungsi untuk mengolah suara. Secara fisik sound card ini adalah terlihat seperti papan pcb yang diatasnya terdapat banyak komponen elektronik. Pada beberapa jenis sound card ntuk bisa menjalankanya maka sound card harus dihubungkan ke komputer melalui slot PCI. Namun pada jenis komputer lama biasanya ada yang menggunakan slot ISA.

Sound card ini belum bisa menghasilkan suara sendiri karena belum terdapat speaker aktif. Untuk dapat mengeluarkan hasil pengolahan suara maka diperlukan speaker yang terhubung ke portnya.

Cara kerja dari sound card ini adalah data suara digital dikirim ke sound card diproses oleh DSP atau Digital Signal Processing yang bekerja dengan DAC atau Digital Analog Converter kemudian sinyal digital diubah menjadi sinyal analog dan terakhir dikeluarkan melalui speaker.

Terdapat tiga jenis sound card:

  • Sound card onboard

Jenis Sound card ini sudah terdapat pada mainboard atau motherboard komputer dan berbentuk chipset. Sound card ini masih menempel pada motherboard maka kinerja dari sound card ini masih membutuhkan bantuan dari prosesor utama untuk proses pengolahan suara. Karena kinerjanya masih dibantu oleh prosesor utama maka sound card off board ini memiliki batasan atau kualitas tertentu pada suara yang dihasilkan. Kalau komputer hanya digunakan sebagai teman asik untuk mendengarkan music atau menonton film maka sound card ini sudah termasuk lumayan. Namun untuk pekerjaan di industry music atau ingin mendapatkan sensai game dengan kualitas suara yang ciamik maka jenis sound card ini masih kurang baik.

  • Sound card offboard

Sound card offboard merupakan perangkat keras tambahan yang dipasangkan ke komputer melalui slot PCI atau ISA. Kualitas suara yang dihasilkan dari sound card tipe ini sangat baik sangat cocok untuk anda yang hobi bermain game berat atau memiliki pekerjaan atau aktivitas dibidang suara, seperti di industry music atau perekaman suara.

  • Sound card external

Sound card external adalah sound card yang penggunaanya sangat mudah karena bisa disambungkan ke por eksternal seperti por usb. Sound card ini cukup mudah dan murah. Apalagi dengan cara kerja plug and play memudahkan anda untuk menambahkanya ke komputer anda. Namun kualitas suara yang dihasilkan tidak sebaik sound card offboard.

tags: , , ,

Related For Sekilas Pandang Tentang Sound Card