Sekilas Tentang AMD APU Carrizo

Friday, January 27th 2017. | Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links

AMD APU merupakan prosesor generasi terbaru dari AMD yang sanggup bekerja baik sebagai CPU maupun GPU sekaligus. Prosesor besutan AMD ini diklaim lebih bertenaga sekaligus lebih hemat daya. AMD yang telah berhasil menciptakan sederetan AMD APU tidak hentinya terus berinovasi menciptakan teknologi prosesor terkini yang sanggup mendongkrak performa komputer lebih baik lagi.carrizo

Carrizo merupakan seri terbaru dari AMD APU yang mampu bekerja bahkan lebih baik dari AMD APU Kaveri (salah satu seri dari AMD APU yang terakhir kali diperkenalkan ke publik). Carrizo mempu menghadirkan performa yang lebih bertenaga dan bahkan mampu lebih hemat daya hingga 40 persen.

AMD APU Carrizo merupakan System on Chip (SoC) yang dibangun dengan fabrikasi 28nm sama seperti AMD APU generasi sebelumnya yakni AMD APU kaveri. Tetapi pada AMD APU Carrizo telah menggunakan Core terbaru yang diberi nama “Excavator”. Core ini yang menjadikan AMD APU Carrizo lebih hemat daya dan mempunyai performa yang lebih baik dari pada AMD APU generasi pendahulunya.

Carrizo hadir dalam dua varian berbeda yakni Carrizo dan Carrizo-L. Carrizo lebih dikhususkan untuk notebook kelas menengah ke atas yang biasa digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti desain 3D dan juga game – game kelas atas. Sedangkan Carrizo-L lebih digunakan untuk penggunaan yang lebih ringan seperti untuk penggunaan sehari – hari, menjalankan aplikasi office, multimedia ataupun juga untuk memainkan game – game yang ringan.

Carrizo yang menggunakan core Excavator dibangun dengan kerapatan tinggi (High Density Library) yang mana didalamnya terdapat 3,1 miliar transistor atau 29 persen lebih banyak daripada transistor yang terdapat pada AMD APU Kaveri. Jumlah transistor yang lebih banyak inilah yang membuat Carrizo memiliki performa yang lebih baik dan lebih hemat daya.

power trading

power trading

Power trading yang digunakan pada Carrizo juga mampu membantu Carrizo lebih hemat daya. Power trading menjaga kecepatan clock CPU dan GPU supaya berjalan seimbang sesuai kebutuhan loadnya. Misalkan saat aplikasi membutuhkan load dari CPU maka clock speed GPU akan diturunkan. Begitu pula sebaliknya, jika aplikasi membutuhkan dukungan GPU yang berat maka load CPU akan diturunkan.

Selain power trading, Carrizo juga masih mempunyai teknologi Adaptive Voltage-Frequency Scalling (AVFS) yang memiliki fungsi untuk menghemat daya dengan cara menyesuaikan performa dengan hantaran daya yang dibutuhkan oleh perangkat.

AMD APU Carrizo merupakan prosesor dengan teknologi termutakhir di tahun 2015 ini. Demikian sekilas tentang AMD APU Carrizo, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.

tags: , ,

Related For Sekilas Tentang AMD APU Carrizo