Sekilas Tentang Freesync

Saturday, January 23rd 2016. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Main game merupakan kegiatan yang paling menyenangkan disaat waktu senggang. Dengan bermain game mood yang hilang karena penatnya pekerjaanbisa kembali fresh sama seperti melepaskan beban berat yang menahan dikepala. Sungguh indahnya bermain game dengan komputer yang memiliki spek yang tinggi yang mendukung dunia grafis 3D.

Namun terkadang bermain game juga bisa menambah hancur mood kita hanya karena sensasi game yang rusak akibat spesifiasi komputer yang tidak mendukung atau karena ada gangguan dengan sistem yang mendukung kemampan grafis komputer. Anda mungkin pernah mengalami hal ini dan mungkin anda juga bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi padahal spek computer yang anda miliki sudah mendukung grafis 3D?

Hal ini bisa saja terjadi karena refresh rate antara kartu grafis atau VGA Card dengan monitor tidak sinkron. Sudah tahukan apa itu refresh rate? Kalau belum tahu Refresh rate adalah berapa kali image atau gambar yang ditampilkan dalam tiap detiknya. Kalau masih belum faham dengan refresh rate, kita ambil contoh dari televise karena televise refresh ratenya yang paling rendah dibanding jenis layar yang lain. Dengan sedikit bereksperimen coba anda arahkan kamera anda ke layar televise maka anda akan melihat gambar yang bergerak dari atas ke bawah seakan ada kedipan yang terjadi di depan mata anda. Nah, itulah yang dinamakan refresh rate.

AMD Freesync Technology

AMD Freesync Technology

Salah satu pabrikan elektronik besar asal amerika, AMD, juga telah mengembangkan teknologi untuk mengatasi lag atau robekan gambar akibat ketidak sinkronan antara kartu grafis dan monitor. Melalui produk radeon, mereka telah berhasil mengatasi masalah refresh rate tersebut. Teknologi ini mereka sebut freesync.

AMD juga menjalin hubungan kerja sama dengan vendor scaler MStar, Novatek serta Realtek untuk membuat scaler dengan support DisplayPort Adaptive-Sync serta AMD Project FreeSync diakhir tahun. Monitor yang dilengkapi dengan scaler yang mensupport DisplayPort Adaptive-Sync memperbolehkan sebagian kartu grafis AMD Radeon untuk melakukan sinkronisasi atau mencocokkan refresh rate monitor dengan framerate kartu grafis melalui teknologi FreeSync.

gambar robek terlihat layar monitor akibat refresh rate tidak sinkron

gambar robek terlihat layar monitor akibat refresh rate tidak sinkron

Diharapkan teknologi freesync yang berhasil diciptakan ini mampu mengatasi masalah grafis yang lag atau tersendat dan juga mampu mengatasi gambar yang terlihat robek di layar karena masalah refresh rate. Dengan teknologi freesync ini, anda akan mendapatkan hasil gambar yang lebih mulus bebas lag sehingga anda akan dimanjakan dengan tampilan yang lebih hidup dan nyaman di anda. Teknologi freesync ini bisa anda dapatkan dengan menggunakan produk radeon dari AMD. Jika ingin mencobanya anda bisa menggunakan produk tersebut pada perangkat komputer anda atau dengan produk lain yang sudah menggunakan AMD.

Incoming search terms:

  • apa itu freesync
  • freesync adalah
tags: , ,

Related For Sekilas Tentang Freesync