Sekilas Tentang Hard Disk Drive

Friday, August 28th 2015. | Hardware
Sponsored Links

Pernahkah anda melihat isi jeroan dari komputer atau PC anda? Bagi yang sudah pernah membuka atau mungkin melakukan service terhadap PCnya mungkin akan sedikit banyak tahu tentang bagian atau komponen komputer tersebut. Komponen diatas adalah Hardisk Drive atau biasa disingkat dengan HDD. Nah, bagi yang masih awam atau belum pernah mengetahui HDD ini akan dibahas dengan actual, tajam dan terpercaya di dalam tulisan ini.

HardDisk Drive

HardDisk Drive

Hardisk drive merupakan komponen penting dari komputer yang fungsi utamanya dalah untuk menyimpan data. Bahkan sistem operasi dan software-software yang terinstal dalam komputer semuanya tersimpan dalam drive ini. Data yang tersimpan di drive ini akan tetap tersimpan walaupun tidak ada aliran listrik yang mengalir. Data yang tersimpan tidak akan hilang kecuali dihapus sendiri oleh usernya. Tanpa adanya hardisk drive dalam sebuah komputer maka jendela operating sistem yang sering kali kita lihat saat kita menyalakan komputer tidak akan muncul lagi. Yang muncul pada layar monitor hanya tampilan gelap karena komputer tidak bisa mendeteksi program yang ada.

Peran hardisk drive ini sangat penting oleh karena itu harus dirawat dan dijaga dengan hati-hati. Dirawat disini maksudnya harus hardisk drive juga harus dilakukan scaning. Biasanya menu scaning dan fix bad sector ini sudah tersedia dan merupakan menu bawaan dari operating sistem. Namun cara ini bisa juga dilakukan dengan bantuan software. Salah satu operating sistem juga ada yang menyediakan menu defragment disk. Menu ini bisa membantu merapikan data yang terdapat pada disk menjadi lebih tersusun rapi sehingga kerja hardisk bisa lebih optimal.

bagian dalam HDD

bagian-bagian dalam HDD

Efek yang didapat dari proses defragment ini adalah kerja PC yang semakin mulus dan respon yang lebih cepat. Selain itu hardisk drive juga harus dijaga, dijaga dari goncangan atau mungkin benturan terhadap benda luar. Pada kasus yang sering terjadi, rusaknya hardisk drive bisa dikarenakan saat mengoperasikan atau membawa komputer pc atau laptop tidak sengaja komputer mengalami goncangan di atas kendaraan mereka. Tanda-tanda awal hardisk drive mengalami kerusakan biasanya kerja komputer akan menjadi lelet dan terasa berat saat dioperasikan. Jika kerusakan yang terjadi sudah semakin parah biasanya akan terdengar suara bising dari dalam komputer. Seperti ada suara berisik gesekan antar benda. Jika bad sector ini sudah sangat parah maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengganti dengan perangkat yang baru.

Incoming search terms:

  • hardisk
  • hard disk

tags: , , , ,

Related For Sekilas Tentang Hard Disk Drive