Sekilas Tentang Menu Hamburger di Windows Phone

Friday, April 24th 2015. | Software
Sponsored Links

hamburger

Hamburger adalah salah satu makanan cepat saji yang disukai oleh banyak orang. Namun hamburger yang ingin saya kenalkan pada anda dalam konten ini bukan merupakan hamburger dari jenis makanan melainkan menu hamburger yang biasa digunakan di beberapa sistem operasi ponsel.

Menu hamburger ini sebelumnya juga digunakan pada sistem operasi ponsel pintar seperti Android dan juga iOS. Namun kini salah satu pesaing berat mereka yakni Windows Phone juga mulai menggunakan menu hamburger ini.

Menu Hamburger

Menu Hamburger

Apakah Microsoft sebagai pemilik Windows Phone ikut – ikutan dengan gayanya Android dan juga iOS?

Microsoft merupakan perusahaan besar dan berisi para insinyur hebat tentu tidak asal – asalan menggunakan menu hamburger. Menurut keterangan yang diungkapkan oleh mantan karyawan Microsoft yang tidak ingin diketahui identitas namanya ini mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa Microsoft memilih menu hamburger. Berikut alasan yang diungkap oleh orang tersebut:

  1. Pilihan pola terbaik untuk mengoperasikan smartphone

Semakin banyaknya smartphone yang hadir dengan layar lebar lantas tidak meninggalkan identitas aslinya bahwa smartphone tersebut juga merupakan ponsel. Seperti halnya ponsel pada umumnya, smartphone juga akan lebih nyaman bila dioperasikan menggunakan jari jempol.

Pola lapisan hamburger pada umumnya terdiri dari tiga lapisan yakni bagian paling bawah roti, bagian tengah daging dan bagian paling atas roti lagi. Sama seperti halnya pola hamburger, menu hamburger juga menggunakan pola tiga baris menu. Microsoft meletakan menu – menu yang sering kita pakai pada pola tersebut. Menu seperti save, delete dan lain sebagainya terdapat di letakan di bagian bawah.windows10-4

Pola menu hamburger windows phone ini berbeda dengan pola menu hamburgernya Android ataupun iOS. Jika pada windows phone menu terletak di bawah, pada Android dan juga iOS pilihan menu terletak di bagian atas. Pilihan meletakan menu dibagian bawah ini memudahkan pengguna untuk mengoperasikan ponsel mereka karena menu tersebut dapat dijangkau oleh jari jempol mereka. Jadi tidak perlu menggunakan jari yang lain lagi untuk mengoperasikan ponsel mereka.

  1. Memudahkan developer dari platform lain ke windows phone 10

Windows phone sebelumnya dikemas dengan menu yang berbeda dengan para kompetitornya. Hal ini menjadikan para pengembang sedikit kesulitan untuk melakukan porting app ke windows phone. Perubahan atau pemilihan menu dari metro ke hamburger ini akan memudahkan para developer dari platform lain melakukan porting app ke windows phone 10.

Demikian sekilas tentang menu hamburger di windows phone 10. Jadi kesimpulanya kenapa diberikan nama hamburger adalah karena terdapat tiga baris menu dalam satu set pilihan menu. Pola ini akan benar – benar meninggalkan metro dan lebih mendekati pola menu pada sistem operasi ponsel yang lain.

Incoming search terms:

  • hamburger
  • gambar hamburger
  • gambar humberger
  • gambarhumbarger
tags: , ,

Related For Sekilas Tentang Menu Hamburger di Windows Phone