Sekilas tentang Teknologi Baru Baterai Aluminium Ion

Friday, June 2nd 2017. | Aksesoris
Sponsored Links

Beberapa waktu lalu tersiar kabar pengguna ponsel pintar mengalami luka bakar yang serius akibat ponsel yang didalam sakunya tiba – tiba meledak. Entah apa penyebabnya, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait tentang penyebab ponsel tersebut meledak. Namun dari hasil barang bukti yang ditemukan, sumber ledakan tersebut bisa dipastikan berasal dari baterai.

baterai-meledak

baterai-meledak

Smartphone atau perangkat pintar lainya saat ini umumnya menggunakan baterai berbahan litium ion. Baterai yang berbahan litium ini sebenarnya sangat baik untuk digunakan karena bahan ini mampu menyimpan lebih banyak engery listrik. Namun bahan ini juga memerlukan perawatan khusus agar aman dan bisa tahan lama.

Beberapa ahli menyebutkan baterai yang meledak di saku pengguna ponsel pintar tersebut kemungkinan besar terjadi karena terjadi tekanan yang besar pada baterai akibat celana yang dipakai terlalu sempit sehingga baterai tertekuk dan meledak.Luka bakar yang diderita pun cukup serius, mengingat baterai litium ion mampu menyimpan listrik yang besar.

Kejadian meledaknya baterai berbahan litium ion ini bukanlah yang pertama ini. Sudah beberapa kali pengguna ponsel pintar yang mengalami kejadian yang sama. Resiko dari penggunaan baterai litium inilah yang membuat sekelompok peneliti dari Universitas Standford, Amerika membuat inovasi terbaru untuk membuat baterai yang lebih aman bahkan dari ledakan sekalipun.

Para peneliti tersebut menciptakan teknologi baterai terbaru yang menggunakan bahan aluminium ion. Mereka mengklaim bahan aluminium ion ini jauh lebih aman dari pada baterai yang menggunakan bahan litium ion yang rawan meledak.aluminium ion

Baterai yang masih dalam tahap perkembangan ini memanfaatkan anoda dari aluminium digabung dengan katoda dari bahan grafit dan cairan elektrolit kemudian dikemas dalam kemasan yang fleksibel. Elektrolit yang digunakan adalah berbahan garam cair.

Bila dibandingkan dengan baterai yang berbahan litium ion, baterai berbahan aluminium ion ini adalah fleksibilitasnya. Bahkan karena fleksibilitasnya ini, baterai ini bisa dibengkokan atau dilipat tanpa takut baterai akan meledak. Ini berarti baterai tersebut lebih aman bila dibandingkan dengan baterai berbahan litium ion.

Selain memiliki keamanan yang lebih tinggi, baterai aluminium ion ini dipastikan juga lebih murah mengingat dimana harga aluminium juga lebih murah dari pada harga litium. Dan untuk masalah isi ulang daya, baterai berbahan aluminium diklaim bisa terisis penuh dalam kurun waktu yang kurang dari semenit.Untuk daya tahan baterai juga tidak diragukan lagi, baterai ini bisa bertahan 7,5 kali lebih lama dibanding baterai litium.

Ada satu hal yang masih menjadi masalah yaitu kemampuan baterai ini hanya bisa menghasilkan voltase setengah dari baterai lithium ion. Mengingat baterai aluminium ion ini juga masih dalam tahap perkembangan, jadi mungkin dalam perkembangan lebih lanjut baterai aluminium ion ini akan mampu menjawab tantangan tersebut.

Incoming search terms:

  • baterai aluminium ion
tags: , ,

Related For Sekilas tentang Teknologi Baru Baterai Aluminium Ion