Sembilan Alasan Kenapa Harus Memilih AMD APU part 1

Thursday, April 16th 2015. | Hardware, Komputer
Sponsored Links
AMD APU Series

AMD APU Series

AMD APU merupakan prosesor generasi terbaru dari AMD yang memiliki kemampuan lebih dari prosesor biasa. Jika pada umumnya prosesor hanya mampu bekerja sebagai central processing unit (CPU) namun AMD APU ini mampu bekerja baik sebagai CPU maupu sebagai GPU (graphic processing unit) sekaligus.

Seri tertinggi dari AMD APU adalah AMD A10. Prosesor yang satu ini memiliki empat inti sebagai CPU dan 8 inti sebagai GPU. Terdapat pula seri AMD APU A10 yang lain yang memiliki empat inti sebagai CPU dan enam inti sebagai GPU. Berbagai inovasi teknologi terkini untuk APU juga disematkan di dalamnya sehingga proses komputasi dari GPU ke CPU atau sebaliknya dapat berjalan dinamis.

Ada Sembilan alasan kenapa harus memilih AMD APU untuk komputermu. Sembilan alasan tersebut antara lain adalah:

  1. Mendukung kecepatan RAM yang tinggi

AMD APU A10 mendukung kecepatan RAM 2133 MHz. Bila dibandingkan dengan kompetitornya dari intel Core i7 yang hanya mendukung kecepatan RAM 1600 MHz maka AMD APU lebih unggul 535 MHz. Karena AMD APU A10 mendukung kecepatan RAM yang lebih tinggi ini berarti performa sistem yang dihasilkan juga akan lebih cepat.

  1. CPU Clock lebih cepat

Jika kamu pernah mengotak atik BIOS maka kamu akan menjumpai clock atau jam pada CPU. CPU Clock yang ada di tiap komputer bisa berbeda – beda. CPU clock ini menunjukan seberapa besar kecepatan komputer dalam menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi. Semakin tinggi keceptanya maka komputer juga semakin cepat. Namun tidak bisa sembarangan mengatur CPU Clock ini. Jika mengaturnya asal – asalan maka prosesor dapat mengalami kerusakan secara permanen. Hal inilah yang juga sering dilakukan oleh para overclocker untuk membuat CPU berkerja lebih cepat.

Beruntung AMD APU A10 memiliki CPU Clock speed yang tinggi. Kecepatan CPU Clock AMD APU A10 adalah 4 x 3,7 GHz. Ini berarti komputer yang menggunakan AMD APU memiliki performa yang lebih cepat.

  1. L2 cache lebih besar

Cache adalah memori kecil yang menyimpan salinan data yang paling sering digunakan. fungsinya untuk mempercepat akses data sehingga prosesor akan bekerja lebih ringan karena tidak harus bolak balik lagi mengakses data. Letak cache ini ada di dalam prosesor. Jadi sudah terintegrasi langsung dengan prosesor.

AMD APU A10 memiliki L2 cache berukuran 1 MB lebih besar daripada miliknya intel core i7 yang hanya berukuran 0,25 MB. Semakin besar ukuran cache berarti data yang disimpan juga semakin banyak ini artinya prosesor AMD APU akan lebih cepat mengakses data yang disimpan pada L2 cache yang kemudian diakses disetiap inti dari APU.

Ingin tahu lima alasan lainya? Ikuti informasi selengkapnya pada konten dengan judul “Sembilan Alasan Kenapa Harus Memilih AMD APU part 2”.

tags: , , ,

Related For Sembilan Alasan Kenapa Harus Memilih AMD APU part 1