Seperti Inilah Cara Kerja Email

Friday, September 16th 2016. | Komputer
Sponsored Links

Email atau Electronic mail merupakan pesan yang dikirim melalui jaringan internet. Ditengah memboomingnya aplikasi chat saat ini, surat menyurat menggunakan email masih digunakan oleh banyak orang.email

Untuk mengirim CV, dokumen, file dan lain sebagainya lebih banyak dipilih oleh orang ketimbang harus ngantri di kantor POS. Selain itu proses surat menyurat menggunakan email bisa lebih cepat dari pada mengirimnya melalui POS.

Pernahkah anda berpikir, bagaimana cara kera dari email ini sesungguhnya?

Berikut ini gambaran singkat cara kerja email :cara kerja email

Gambaran di atas merupakan bagaimana cara kerja email dari satu komputer ke komputer yang lain.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara kerja email. Ada beberapa hal penting yang patut anda ketahui terlebih dahulu, diantaranya adalah :

  1. Alamat email
  2. Internet

Sebelum berkirim pesan melalui email, dua hal di atas adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Bila anda tidak terlingkupi oleh jaringan internet maka tidak mungkin anda bisa berkirim pesan menggunakan email. Atau jika anda tidak memiliki alamat email (email address) maka anda juga tidak bisa mengirimkan atau menerima email. Ini seperti anda tidak memiliki nomor telepon dimana anda tidak bisa melakukan panggilan atau menerima panggilan.

Ada beberapa situs yang menyediakan email secara gratis. Anda juga bisa membuat alamat email di web tersebut. Email berbasis web disebut juga dengan webmail. Beberapat web yang menyediakan webmail antara lain Gmail, Yahoo mail, Outlook, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih salah satu dari webmail diatas untuk membuat akun email anda sendiri secara gratis. Jika anda sudah memiliki alamat email sendiri, anda siap untuk memulai menggunakan email.

Ketika anda mengirimkan email, email akan dikirim ke mail server via simple mail transfer protocol (SMTP). Server ini bekerja mengenali alamat email anda dan kemudian membantu mengirimkan email anda ke alamat email yang anda tuju melalui POP atau IMAP.

Mengirim email juga sama seperti mengirim surat melalui kantor POS. Alamat email yang dituju juga harus benar dan jelas. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan alamat yang dituju maka email juga akan dikirim ke alamat yang salah juga. Inilah yang harus menjadi perhatian ketika menuliskan alamat email tujuan jangan sampai salah menuliskan alamatnya.

Incoming search terms:

  • cara kerja email
  • jelaskan cara kerja email
tags: , ,

Related For Seperti Inilah Cara Kerja Email