Seputar Tentang Linux

Wednesday, June 29th 2016. | Blog, Software
Sponsored Links

aa

Hay, sobat, masih bertemu lagi dengan saya lewat postingan ini. Postingan saya ini tentang seputar system operasi “linux”. Kebanyakan pengguna atau pecinta komputer saat ini menggunkan sistim operasi buatan Microsoft yaitu windows.hal seperti itu tidak heran lagi, soalnya memang windows lebih dulu muncul di Indonesia daripada linux. Memang, windows sekarang lagi gencar-gencarnya merilis versi yang baru, namun linux tidak kalah saing. Pasti, bagi anda pengguna komputer yang paham betul tentang dunia komputer, bahwa system operasi windows itu bukanlah software yang dapat disebarkan sembarangan, tapi apabila anda ingin menginstal secara legal di komputer anda, maka anda harus memerlukan biaya lisensi, namun jika anda tidak mengeluarkan biaya lisensi, berarti itu bisa dikatakan windows yang anda install itu yang bajakan.

Linux merupakan software system operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan dibawah lisensi GNU. Berarti bisa disimpulkan, anda atau saya bisa menginstalnya atau mengkopi dikomputer kita tanpa harus membayar. System operasi linuk ini merupakan keturunan pengembangan dari unix dan dapat berjalan dengan berbagai macam perangkat keras komputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC, semua bisa. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) itu kita juga akan mendapatkan program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Dan apabila anda ingin mengkopi sebanyak-banyaknya, bisa saja, karena system operasi ini tidak ada ikatan resmi, berarti sesuai dengan keinginan anda. Bahkan anda juga bisa merubah kode sumbernya. Dan semua legal itu bekerja dibawah lisensi. Walaupun gratis, nemun GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.

Yang paling penting, ada kebebasan untuk programmer dan administrator jaringan yaitu kebebasan agar mendapatkan kode sumber dan juga kebebasab ubtuk merubahnya. Yang penting pertama kemanan , yang kedua dinamika.

Yang perlu diwaspadai adalah apabila perangkat lunak komersil yang tidak memeperbolehkan anda mengetahui kode sumbernya, karena dampaknya itu kita tidak akan tahu bahwa program itu aman atau tidak, biasanya sering disebut security by obsercurity). Maka, bisa jadi hidup anda di tangan para vendor. Karena semakin tambah tahun, pengguna linux mulai berkembang, dan sekarang menjadi komunitas yang terbuaka. Dengan ini akan mempercepat mengetahui pembuatan dan ini masih dikembangkan lagi oleh pakar programmer. Dan bagusnya anda dapat menentukan kode yang pas dengan perangkat keras atau kebutuhan dasar perangkat lunak lainnya untuk dapat diimplementasikan. Sama halnya dengan anda mempunyai mobil, dan anda dapat memodifikasinya sesuai keinginan anda.

Sebab keterbuakan kode tersebut bisa memungkinkan system operasi berkembang dengan pesat. Beda halnya dengan system tertutup atau hanya dikembangkan oleh vendor tertentu , maka paling banyak sekitar 1000 sampai 5000 orang. Maka, keterbukaan kode di linux ini, menjadi peluang emas bagi sukarelawan yang ingin mengembangkanya.

Tanpa kita sadari, sekarang ini linux berkembang di banyak distro (distro linux) contoh, distro redhat, debian , dan lain sebagainya. Namun yang paling populer di Indonesia saat ini adalah distro ubuntu yang merupakan turunan dari debian. Demikian sedikit pengetahuan untuk anda tentang seputar linux, terima kasih, semoga bermanfaat.

tags: , , , , , , ,

Related For Seputar Tentang Linux