Solusi Cerdas Mengatasi Komputer Lemot Bagian 1

Friday, November 25th 2016. | Komputer, Tutorial
Sponsored Links
stress akibat komputer lemot

stress akibat komputer lemot

Komputer lemot sering kali membuat stress para pekerja kantoran. Bagaimana tidak, tuntutan pekerjaan yang tinggi menuntut mobilitas yang tinggi pula terganggu oleh satu hal “komputer lemot”. Jika hal demikian sudah terjadi maka tak jarang komputer menjai pelampiasan stress, keyboard dipukul – pukul, monitor di goyang – goyang atau bahkan CPU dibanting. Kalau sudah seperti ini, siap – siap deh gaji bulanan dipotong untuk mengganti kerusakan peralatan kantor. Stress lagi.

Bagi anda yang pernah mengalami masalah stress akibat komputer lemot, anda harus tahu terlebih dahulu penyebabya. Setalah tahu penyebabnya barulah cari solusi untuk mengatasinya. Berikut ini saya berikan beberapa solusi cerdas mengatasi komputer lemot.

  1. Solusi cerdas mengatasi booting lama

Booting yag lama juga merupakan salah satu kasus komputer lemot yang sering diadukan oleh pengguna komputer. untuk mengatasi kasus booting yang lama dibawah ini adalah solusi cerdas untuk mengatasinya:

  • Buka Run
  • Ketik “msconfig”
  • Tekan enter atau pilih OKmsconfig
  • Pilih tab Startup
  • Hilangkan centang dari aplikasi yang tidak ingin diikutkan pada saat startup
  • Masuk ke tab Service pilih mana service yang tidak diperlukan
  • Jika sudah klik apply, OK dan restart komputer anda

 

  1. Solusi cerdas mengatasi komputer lemot dengan menghapus file sampah

File sampah merupakan file yang mungkin sudah tidak terlalu diperlukan lagi di komputer. Keberadaan file sampah ini bisa membuat hardisk penuh sesak tanpa anda sadari. Untuk lebih mudah menghapus file sampah ini anda bisa menggunakan bantuan software seperti CCleaner atau Tune Up Utilities atau software lainnya.

  1. Defragmentasi hardisk komputer

Salah satu penyebab komputer lemot adalah file – file yang tidak tersusun rapi didalam hardisk. Hal ini bisa terjadi karena file yang anda simpan di komputer kemudian anda mengedit, memindah atau bahkan mendeletenya. Perubahan letak inilah yang menjadikanya tidak tersusun rapi akibatnya dibutuhkan waktu bagi head harddisk untuk melacak keberadaan dari file yang tidak tersusun rapi tersebut.

Solusi cerdas mengatasi masalah ini adalah dengan defragmentasi. Untuk melakukanya bisa langsung dari windows atau juga dengan bantuan software. Jika anda pengguna windows 7, windows 8 atau windows yang terbaru maka cukup ketikan defragment pada search maka otomats tool ajaib dari windows ini akan muncul. Kemudian pilih analyze. Setelah selesai menganalisa windows kemudian akan memberikan opsi kepada anda untuk melakukan defragment atau tidak. Jika ingin melakukan defragment tinggl klik saja dan tunggu beberapa saat sampai proses defragmentasi selesai.

  1. Minimalkan visual effect

Jika anda menggunakan windows vista atau 7, visual effect yang tampak ngejreng akan membuat mata anda betah berlama – lama dengan tampilan visual yang memukau. Namun secara tidak anda sadari, tamplan visual effect ini juga mengakibatkan komputer lemot. Hali ini karena visual effect memakan banyak memori RAM. Akan sangat terasa pada komputer dengan spesifikasi hardware rendah.

Solusi cerdas untuk mengatasi komputer lemot karena tampilan visual effect adalah dengan cara meminimalkanya. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan pada my computer
  • Pilih properties
  • Pilih advanced system settings
  • Pada tab advanced kemudian pilih performance pilih settingsvisual
  • Hilangkan ceklis dari efek yang tidak anda inginkan
  • Pilih OK

Atau jika anda tidak ingin ribet dengan banyaknya ceklis yang tersedia pilih Adujst for Best Performance. Maka secara otomatis performa komputer akan lebih diprioritaskan dari pada keindahan tampilan.

Solusi cerdas mengatasi komputer lemot masih belum selesai, tetapi karena saya sudah sedikit capek mengetik maka lanjutan solusi cerdas akan saya berikan pada konten “Solusi Cerdas Mengatasi Komputer Lemot Bagian 2.”

tags: , ,

Related For Solusi Cerdas Mengatasi Komputer Lemot Bagian 1