Solusi Cerdas Mengatasi Komputer Lemot Bagian 2

Friday, November 25th 2016. | Komputer, Tutorial
Sponsored Links

slow-computer

Komputer lemot adalah masalah pelik yang sangat mengganggu pekerjaan. Jika masalah komputer lemot ini tidak segera diatasi bisa menambah stress saat bekerja. Jika anda juga pernah mengalami masalah komputer lemot ini, maka anda berada di tempat yang tepat untuk mencari solusi cerdas mengatasi komputer.

Konten ini merupakan lanjutan dari konten saya yang terdahulu dengan judul ” Solusi Cerdas Mengatasi Komputer Lemot Bagian 1”. Tidak perlu berlama – lama lagi langsung saja kita berikan solusi cerdas mengatasi komputer lemot:

  1. Atasi segera bad sector pada harddisk

Harddisk yang terus menerus berputar, ditambah lagi banyaknya program atau aplikasi yang dilepas pasang dari hard disk dapat menyebabkan bad sector. Jika bad sector pada hardis semakin luas maka dampak yang paling terasa adalah komputer lemot.

Bagi pengguna komputer windows, sudah terdapat tool cerdas yang mampu mengatasi komputer lemot akibat bad sector. Sebelum terburu – buru mengatasi bad sector, anda terlebih dahulu harus tahu apakah pada hard disk anda benar – benar terdapat banyak bad sector atau tidak. Untuk mengetahuinya anda dapat memanfaatkan RUN kemudian mengetikan chkdsk.

Jika sudah diketahui ada bad sector pada hardisk anda, selanjutnya solusi cerdas untuk mengatasinya adalah dengan cara menggunakan tool dari windows. Caranya:

  • klik kanan pada partisi hard disk misalkan di drive C: pilih properties
  • pilih check nowbad-sector
  • kemudian muncul dua opsi “Automatically fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sector” anda boleh mencentang keduanya sesuai dengan keinginan andaopsi-fix-badsector

 

  1. uninstall program yang tidak penting

apakah anda pernah menyadari bahwa setiap program yang anda pasang di komputer anda membutuhkan ruang penyimpanan kosong dengan jumlah tertentu agar dapat berjalan? Contoh untuk sistem operasi saja biarpun secara default ukuran di hard disk sekitar 8 GB namun dia membutuhkan 16-20GB ruang hard disk yang bebas agar bisa bekerja secara normal. Beberapa aplikasi seperti office atau game seperti FIFA juga membutuhkan ruang bebas tertentu ketika di install.

Nah jika hardisk anda ruang bebasnya hampir mencapai limit maka otomatis kinerja komputer anda akan menurun akibatnya komputer lemot. Solusi cerdas mengatasi komputer lemot akibat menumpuknya berbagai macam program komputer adalah dengan menguninstall program – program yang tidak penting. Caranya masuk ke control panel, pilih add or remove program. Kemudian pilih program yang ingin dihilangkan dari komputer. dengan begini ruang bebas yang semakin luas di hardisk akan membuat hardisk lebih ringan untuk bekerja.

  1. Bersihkan virus, malware dan program jahat lainya

Virus yang menyusup ke dalam komputer anda bisa menjadi beban bagi performa komputer anda. virus ini dapat bekerja bahkan tanpa sepengetahuan anda. akibat dari tingkah laku virus yang mampu bekerja sendiri ini adalah komputer lemot.

Solusi cerdas mengatasi komputer lemot karena virus atau program jahat adalah dengan menghapusnya dari komputer. untuk bisa menghapusnya anda harus menggunakan antivirus yang jempolan dan terbukti ampuh untuk mengatasi setiap ancaman virus. Dan yang terpenting selalu update antivirus anda agar antivirus tersebut mengenali lebh banyak jenis virus khususnya virus – virus terbaru.

  1. Upgrade hardware komputer anda

Jika semua langkah sudah dipraktekan tetapi belum juga mendapatkan performa komputer yang maksimal, maka anda perlu mengupgrade hardware komputer anda. mengingat program atau aplikasi terbaru juga membutuhkan spesifikasi khusus untuk dapat dijalankan. Spesifikasi hardware komputer yang rendah tentu tidak akan dapat menjalankan program – program tersebut dengan mulus. Solusi cerdas mengatasi komputer lemot karena spesifikasi hardwarenya tidak mumpuni adalah dengan mengupgrade hardware komputer dengan spesifikasi hardware yang lebih tinggi.

Demikian solusi cerdas mengatasi komputer lemot. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang dibuat stress oleh komputer lemot.

tags: , ,

Related For Solusi Cerdas Mengatasi Komputer Lemot Bagian 2