SPH-V5400 Ponsel Berhardisk

Saturday, January 9th 2016. | Gadget
Sponsored Links

Media penyimpanan data saat ini semakin canggih. Baik dari segi teknologi maupun dari segi bentuk, media penyimpanan data saat sungguh mencegangnkan mata dunia. Dahulu media penyimpanan hanya berukuran kilobyte dengan bentuk yang tebal dan besar kini media penyimpanan telah mengalami transformasi yang luar biasa, berukuran kecil namun mampu memuat data yang begitu banyaknya.

Pada awalnya media yang berbentuk cakram atau piringan adalah yang paling sering digunakan. Namun seiring dengan ditemukanya teknologi baru penyimpanan, cakram ini sudah mulai ditinggalkan. Meskipun demikian cakram penyimpanan data ini juga masih banyak ditemukan di komputer.

Hardisk lazimnya adalah perangkat keras yang terpasang pada komputer yang digunakan untuk menyimpan berkas – berkas milik user. Hardisk sendiri juga telah mengalami beberapa kali perkembangan mulai dari ATA hingga yang SATA. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekuranganya, namun jenis SATA ini yang paling banyak digunakan.

Lain halnya dengan komputer, perangkat seluler memiliki media penyimpanan yang berbentuk flash memory. Hampir semua perangkat perangkat seluler menggunakan flash memory sebagai media penyimpananya. Namun jika sedikit menoreh ke belakang, dalam sejarah ponsel terdapat beberapa tipe ponsel yang ternyata menggunakan hardisk sebagai media penyimapananya.

Samsung SPH V5400

Samsung SPH V5400

Ponsel SPH V5400 besutan Samsung ini adalah salah satunya. Hardisk yang digunakan pada ponsel tersebut persis seperti yang digunakan pada komputer. Dengan menggunakan cakram magnetic sebagai media penyimpananya, hardisk ini benar – benar seperti hardisk yang digunakan pada komputer namun dengan ukuran yang berbeda.

Ponsel Berhardisk

Ponsel Berhardisk

Ukuran besar hardisk pada ponsel Samsung SPH V5400 adalah 1 inchi atau hanya berukuran sebesar satu ruas jari tangan. Meskipun kecil namun hardisk ini mampu menampung semua berkas hingga 1,5 GB.hardisk-SPH-V5400

Tidak hanya pada media penyimpananya saja yang unik, ponsel yang diluncurkan pada tahun 2004 itu juga dipersenjatai dengan fitur yang atraktif lainya seperti hadirnya kamera 1,3 mega piksel, layar LCD 320 x 240 piksel dan layar tambahan OLED. Fitur – fitur tersebut tergolong masih jarang ditemukan pada saat itu dimana saat itu ponsel polyphonic lah yang merajai dunia ponsel.

Alasan Samsung memakai hardisk pada ponsel Samsung SPH V5400 adalah karena media penyimpan data berbasis flash tersebut tergolong belum memadai. Terutama bila mengingat harga kartu flash memori pada masa itu masih sangat mahal.

Ponsel jadul dengan hardisk ini saat ini sudah sulit ditemukan, mengingat media penyimpanan yang menggunakan hardisk tergolong rapuh apabila jatuh dan terkena goncangan. Saat ini semua ponsel lebih menggunakan flash memori dan menggunakan cloud karena dianggap lebih handal dari pada hardisk.

tags: , ,

Related For SPH-V5400 Ponsel Berhardisk