SSD Teknologi Baru Pengganti HDD

Tuesday, September 13th 2016. | Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links
SSD

SSD

SSD atau solid state drive merupakan inovasi terbaru yang canggih sebagai media penyimpanan data pada komputer atau laptop. SSD ini digadang-gadang akan menggantikan posisi Hardisk Drive atau HDD dimasa yang akan datang. Teknologi SSD ini merupakan flash memory yang sudah dipakai pada ultra book atau note book yang berukuran sangat tipis. Cara kerjanya yang sama seperti flash disk bisa membuat SDD ini dapat menyimpan data walaupun tidak ada daya listrik yang mengalir. Teknologi yang diusung SSD ini sudah tidak lagi menggunakan cakram magnetic seperti yang terdapat pada Hardisk drive.

Pabrikan elektronik besar saat ini semuanya mulai menggemborkan promo yang besar-besaran untuk menggunakan notebook yang memiliki teknologi SSD ini. Notebook yang sangat tipis, ringkas, ringan dan mudah dibawa dan tentunya juga mempunyai kehandalan untuk bekerja ataupun untuk bermain. Notebook semacam ini biasa dikenal dengan istilah ultra book. Beberapa pabrikan elektronik besar seperti Samsung, Toshiba, dell, hp dan asus telah meluncurkan produk ultra book mereka dipasaran.

Tidak mau kalah dua pabrikan elektronik besar asal amerika juga telah merilis produk terbaru mereka. Apple dengan produk mac book air menawarkan begitu banyak kecanggihan dan teknologi terbaru yang tentunya akan semakin memudahkan dan nyaman bagi konsumenya. Microsoft sebagai pesaing utama apple juga telah merilis produk terbnarunya dengan nama tablet Microsoft surface. Bahkan di situs resminya Microsoft dengan berani membandingkan produknya itu dengan apple macbook air. Dan yang lebih mencengangkan lagi data yag ditampilkan dari perbandingan itu menyatakan bahwa produk table Microsoft surface lebih unggul dari apple macbook air. Namun apapun penilain yang ditampilkan konsumen lah yang bisa merasakan sendiri keunggulan dari keduanya.

laptop yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanan

laptop yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanan

Semua produk ultrabook yang dibuat oleh semua pabrikan elektronik diatas semuanya menggunakan teknologi SSD sebagai media penyimpanan mereka. Namun ada beberapa perbedaan dari SSD yang mereka pakai. Perbedaan yang paling bisa dilihat adalah dari seberapa tipis ultrabook yang mereka buat. Semakin tipis ultrabooknya maka SSD yang didalmnya juga lebih tipis. Walaupun ukuran ketipisanya berbeda namun kapasitas penyimpananya sama. Ukuran kapasitas SSD ini sama seperti ukuran HDD pada umumnya. Beberapa produk ultra book yang telah diluncurkan saat ini sudah ada yang memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 500 GB.

Ukuran yang tipis dari ultra book ini menjadikan konsumen lebih mudah untuk membawa dan menyimpan perangkat ini. Kehandalan dan ketangguhanya pun juga tidak kalah daripada komputer atau laptop yang menggunakan Hardisk drive. Dari beberapa tes yang sudah dilakukan SSD ini bahkan lebih unggul dari pada HDD. Kecepatan untuk start up, aman terhadap goncangan, konsumsi daya yang lebih rendah, dan juga tidak bising saat digunakan adalah yang menjadi keunggulan dari SSD ini. Karena keunggulan inilah mungkin di masa mendatang semua perangkat komputer tidak akan lagi menggunakan HDD sebagai media penyimpananya. Semua produk komputer akan beralih ke teknologi SSD. Namun ada satu hal yang menjadi masalah yakni harga SSD dipasaran saat ini masih sangat tinggi bahkan dengan ukuran kapasitas yang sama dengan HDD, harga SSD bisa beberapa kali lebih mahal daripada HDD. Ultra book yang mengusung teknologi SSD yang paling murah masih dibanderol dengan harga di atas 10 juta rupiah untuk ukuran display 10-11 inchi. Dan untuk ukuran display 13 inchi keatas masih dibanderol dengan harga diatas 12 juta rupiah.

tags: , , , ,

Related For SSD Teknologi Baru Pengganti HDD