TAKSONOMI DAN KARAKTERISTIK MULTIMEDIA

Thursday, July 21st 2016. | Multimedia
Sponsored Links

piekabare

Halo teman-temanku semua, Bagaimana kabar anda semua? Masih sehat semua bukan, Baik disini saya akan menerangkan tentang Taksonomi dan karakteristik Multimedia. Bagi anda semua yang belum mengetahui tentang Taksonomi aneh memang namanya, tetapi disini saya akan memperkenalkan untuk anda semua.

aB

Apa itu Taksonomi? Okeh , disini saya akan menjawabnya. Taksonomi adalah pengklasifikasian media berdasarkan ciri-ciri tertentu. Taksonomi ini untuk media pembelajaran, karena media pembelajaran banyak digunakan sebagai media komunikasi, maka dasar taksonomi yang disampaikan dibawah ini adalah mengacu pada media komunikasi.

  • Media Penyaji

C

 

 

 

 

 

 

Yang termasuk dalam kategori ini terbagi dalam beberapa kelompok, yaitu :

D

  1. Grafis, Bahan Cetak, dan Gambar Diam.
  2. Media Proyeksi diam (film bingkai, film rangkai, dan transparasi).
  3. Media Audio yang berupa kaset, radio, telepon
  4. Audeo ditambah media visual diam yang berupa film rangkai suara
  5. Gambar hidup (film) yang berupa televisi atau video dan film
  6. Televisi contohnya siaran RCTI dan TRANS TV
  7. Multimedia yang berupa CAI, CBT, IMMI

 

  • Media Obyek

E

Media Obyak adalah benda tiga dimensi yang mengandung informasi. Informasi disini tidak dalam bentuk penyajian tetapi melalui ciri fisiknya yaitu yang berupa : Ukuran, beratnya, bentuknya, susunannya, warnanya, fungsinya dan sebagiannya.

Media Obyek terbagi dalam dua kelompok , Yaitu :

  1. Media obyek yang sebenarnya : Obyek Alami, baik hidup atau mati
  2. Obyek buatan manusia
  3. Media obyek pengganti contoh: raplika dan mockup Protype Multimedia
  • Media interaktif

F

Karakteristik penting dari media ini adalah siswa disamping memperhatikan penyajian atau obyek, tetapi dipaksa untuk berinteraksi selama mengikuti pelajaran.

Paling sedikit ada tiga macam raksi yang dapat diidentifikasi :

  1. Siswa berinteraksi dengan sebuah program, contoh mengisi tes
  2. Siswa berinteraksi dengan mesin , contoh terminal komputer

Taksonomi diatas merupakan bentuk mengenai rangsangan media dan kegiatan apa yang dilakukan dengan media yang bersangkutan. Strategi yang paling baik adalah memanfaatkan media yang ada dan bukan terletak pada media yang ada dan bukan terletak pada kecanggihan media itu sendiri.

Karakteristik atau ciri-ciri baik umum maupun khusus sebuah multimedia interaktif akan membedakan mediaitu apakah disebut media interaktif atau hanya sekedar media presentasi saja. Untuk membantu membangun sebuah karakteristik atau ciri sebuah obyek.

 


 

,Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Taksonomi dan Karakteristik Multimedia semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semua, dan apa bila ada kesalahan kesalahan atau kekurangan kalimat pada artikel kami, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya sekian dan,,,       ^_^TERIMAKASIH^_^

 

tags: , ,

Related For TAKSONOMI DAN KARAKTERISTIK MULTIMEDIA