Taukah maksud dari Topologi Jaringan Linear?

Wednesday, July 8th 2015. | Internet, Jaringan
Sponsored Links

Diartikel-artikel sebelumnya ane udah jabarin satu-satu tentang Topologi Jaringan, ada Topologi Bus, Topologi Star, Topologi Mesh, Topologi Tree, Topologi Ring, dan kali ini ane bakal jabarin tentang Topologi Jaringan Linear. Dan Taukah maksud dari Topologi Jaringan Linear?
pertanyaan itu, akan terjawab di artikel satu ini, nah, silahkan dibaca yah, jangan lupa dipahami juga, biar kalian bisa lebih tau ilmu nya plus bisa nambah juga.
langsung aja ke materinya.

Jaringan Topologi Linear

Jaringan Topologi Linear

Topologi Jaringan Linear merupakan jenis jaringan yang memakai system Topologi Bus Beruntut, dan dalam tata letaknya pun masih termasuk tata letak yang terbilang umum digunakan. Nah, pada Topologi Jaringan Linear ini memiliki satu kabel utama , yang mana satu kabel utama atau kabel pusat tersebut menghubungkan setiap node atau titik penyambung yang dihubungkan dengan penyambung yang bernama Penyambung-T, lalu pada bagian ujung kabel pusat tersebut diberi terminator, dan jenis penyambung yang digunakan pada Topologi Jaringan Linear adalah jenis BNC yaitu kepanjangan dari British Naval Connector atau dalam bahasa indonesianya adalah Penyambung Bahari Britania.Tapi ingat, nama BNC itu bukan nama kabelnya, akan tetapi BNC itu nama penghubungnya atau nama penyambungnya. Nah, sedangkan kabelnya yang dipakai untuk penyambungnya adalah RG 58 dan nama kabelnya adalah kabel sepaksi thinnet.

Nah, Topologi Jaringan Linear ini juga memiliki kelebihan atau keuntungan yang dimiliki, yakni :

a. Tidak membutuhkan banyak kabel untuk menghubungkannya
b. pada Topologi Jaringan Linear ini juga memiliki tata letak pada kabel yang sangat sederhana, tidak perlu rumit-rumit seperti pada Topologi Star.
c. apabila ada penambahan computer,maka tidak akan sulit untuk proses pengembangannya.
d. dan pada topologi jenis ini tidak memerlukan yang namanya kendali pusat.
e. keuntungan yang lain pada topologi jenis ini yaitu saat ada penambahan ataupun pengurangan pada terminator, maka proses tersebut tidak akan mengganggu proses computer yang sedang berjalan.
f. Dan lain – lain.

Jika ada keuntungan pastilah ada kekurangan pada system jenis ini, karena tidak semua system itutidak memiliki kekurangan.

Berikut kekurangan dari Topologi Jaringan Linear :

a. Proses pendeteksian serta pengisolasian terhadap kesalahan pada jaringan, sangat kecil untuk dilakukan.
b. lalu lintas yang terjadi didalam kabel penghubung sangatlah padat dan tinggi.
c. proses security pada data yang akan ditransfer kurang terjamin keamanannya.
d. apabila ada penambahan jumlah pemakai maka yang terjadi adalah penurunan pada kecepatan.
e. Dibutuhkan sebuah repeater atau pengulang untuk jarak jauh.

Taukah maksud dari Topologi Jaringan Linear? Pertanyaan tersebut sudah saya jawab diatas, dan saya harap postingan kali ini dapat membawa faedah untuk menambah ilmu pengetahuan juga wawasan untuk kalian.

Incoming search terms:

  • pertanyaan sulit tentang topologi
tags: , , , , ,

Related For Taukah maksud dari Topologi Jaringan Linear?