Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer Serta Kekurangan Dan Keunggulannya.

Friday, November 28th 2014. | Jaringan, Komputer
Sponsored Links

Materi yang akan saya jelaskan pada hari ini adalah materi ilmu kekomputeran yaitu tentang Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer Serta Kekurangan Dan Keunggulannya yang dimiliki, sehingga kita tidak sekedar tahu saja tentang computer dan perangkat pendukungnya, akan tetapi kita juga dapat mengetahu tentang bagian-bagian yang lain yang masih bisa dianggap penting, dan memang pada umumnya haruslah tau tentang bagian-bagian tersebut, sehingga tujuan saya kali ini membuat artikel tentang Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer Serta Kekurangan Dan Keunggulannya, agar kalian dapat bertambah wawasannya tentang ilmu kekomputeran.

Topologi Peer to Peer

Topologi Peer to Peer

Nah, kita berlanjut saja ke materi yang pertama yaitu :

Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer.
Apa sih itu sebenarnya Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer? Nah, agar lebih jelasnya, kita harus mengetahui dulu tentang Peer sendiri, Peer berarti reka satu kerja, dan secara istilahnya “topologi” merupakan cara atau tehnik yang pada dasarnya menghubungkan sebuah jaringan antara satu computer dengan jaringan computer yang lainnya. Nah, secara keseluruhannya, yang dimaksud dengan Topologi Peer to Peer adalah sebuah jaringan pada computer yang saling bekerja sama dengan computer yang lainnya. Dan pada umumnya penggunaan pada Jaringan Topologi Peer to Peer itu biasanya hanya menggunakan 1-10 komputer bahkan tidak sampai lebih 10 komputer dengan hanya memakai 1 sampai 2 mesin printer.

Tidak hanya itu saja, Peer to peer sendiri juga bisa dikatakan merupakan sebuah aplikasi yang mana dapat menghandle resource yang berasal dari sejumlah autonomous participant atau dengan kata lain adalah partisipan otonom yang berarti pengguna atau bisa disebut user yang dikoneksikan secara otonom atau mandiri. Dengan arti lain user atau pengguna computer bisa menggunakan koneksi untuk dirinya sesuai dengan apa yang diinginkannya, yang mana itu semua tidak terikat pada suatu struktur jaringan yang bekerja secara fisik. Nah, untuk sebuah pencarian resource tertentu, peer to peer lah yang menjadi salah satu aplikasi alternative yang digunakan untuk pencarian yang mana tidak terdapat pada website, dan bisa juga, peer to peer menjadi sebuah alternative dalam aplikasi berbagi resource tanpa harus menggunakan web, yang mana penggunaannya masih terbilang malah.

Kekurangan pada Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer.
selain pengertian yang sudah dijelaskan diatas, sekarang saatnya pembahasan tentang Kekurangan Topologi Peer to Peer yang dimilikinya, dan pastinya semua system jaringan mempunyai sebuah kelemahan atau kekurangan yang ada.

1. Kelebihan pada Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer adalah :

a. pada penggunaan jaringan jenis ini, sebuah computer dengan computer yang lainnya dapat berbagi dengan satu sama lain berupa fasilitas yang dipunyainya, seperti contohnya adalah harddisk, printer, dan modem, serta drive, Dan lain – lain.
b. biaya yang dikeluarkan untuk proses operasional itu lebih murah dari pada tipe cara topologi yang lain, karena topologi jenis ini tidak memerlukan sebuah client dan terutama tidak menggunakan server.
c. jenis topologi ini karena tidak memerlukan server sehingga apabila terjadi kerusakan atau gangguan pada satu jaringan computer atau peer, maka jaringan lainnya yang secara menyeluruh pun tidak mendapat gangguan.

2. Kekurangan yang dimiliki Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer adalah :

  1. Troubleshooting atau dengan kata lain adalah pemecahan suatu masalah yang terjadi pada suatu jaringan lebih sulit untuk ditangani, karena pada jenis tipe topologi ini, sangat dimungkinkan terlibat suatu komunikasi pada setiap computer.
  2. Dalam hal system security atau keamanan jaringan, itu semua diatur oleh user masing- masing dengan menggunakan fasilitas yang dipunyainya.
  3. Back up harus dijalankan oleh tiap- tiap computer, itu semua dikarenakan data pada jaringan itu menyebar ke tiap-tiap computer dalam suatu jaringan. Maka dari itu harus ada proses backup yang harus dilakukan setiap computer.

Demikianlah materi kali ini yang saya sampaikan, semoga materi tentang Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer Serta Kekurangan Dan Keunggulannya, dapat bermanfaat bagi kalian semua dan dapat menambah wawasan pada kalian tentang ilmu kekomputeran.

Incoming search terms:

  • topologi peer to peer
  • gambarkan topologi peer to peer
  • Topologi peer to peer serta gambar terkait
tags: , , , ,

Related For Teknologi Jaringan Topologi Peer to Peer Serta Kekurangan Dan Keunggulannya.