Tips Berbisnis Lewat Jejaring Sosial

Friday, March 18th 2016. | Blog, Social Media
Sponsored Links

sosial-media-untuk-bisnis

Jejaring social adalah media yang paling sering diakses oleh pengguna internet. Tidak hanya sekedar untuk menjadi sosialita di ranah dunia maya namun terkadang ada juga pengguna yang hanya ingin sekedar numpang eksis agar dikenal banyak orang. Kemudahan yang diberikan oleh jejaring social inilah yang menjadi jalan kilat untuk mencapai semua popularitas.

Terdapat beberapa jejaring social yang memiliki banyak sekali penggunanya, seperti Facebook, twitter, Blackberry Messenger, Instagram dan lain sebagainya. Akses internet yang mudah didukung juga dengan fitur yang menarik tentu menjadi jalan yang mudah untuk mengenal orang diluar sana yang mungkin kita bahkan tidak pernah mengenal dunianya.

Jejaring social memudahkan kita untuk mengenal latar belakang, kebiasaan, dan mungkin selera yang diinginkan oleh orang lain. Dari interaksi baik melalui teks obrolan, pesan pribadi, panggilan maupun dari foto dan video yang diunggahnya tentu tidak sulit untuk menebak siutasi dan keadaan dari kepribadian orang lain secara mendalam.

Kelebihan dari media social inilah yang bisa memungkinkan orang yang tidak saling kenal bisa menjadi saling kenal hingga bahkan mengetahui pribadi masing – masing. Selain untuk menjalin hubungan yang sifatnya pribadi, jejaring social juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain, misalnya untuk perdagangan ataupun bisnis.

Jejaring social bisa menjadi media yang sangat baik untuk mengembangkan usaha atau bisnis. Hal ini dikarenakan untuk mengembangkan suatu bisnis kita harus tahu minat dan selera pasar saat ini. media social merupakan jendela bagi para pebisnis untuk membaca peluang tersebut, karena melalui jejaring social inilah mereka yang bergerak dibidang bisnis mampu membaca setiap peluang yang dihasilkan dari proses interaksi melalui jejaring social.

Berikut disajikan tips untuk mengembangkan bisnis melalui jejaring social:

Tips yang pertama, jadikan jejaring social sebagai teropong bisnis

Jejaring social dapat dijadikan sebagai teropong bisnis dalam mengembangkan usaha, baik untuk membaca situasi pasar, minat pasar, rekan yang akan diajak untuk berbisnis maupun para pesaing yang bergerak pada bidang yang sama. Dari jejaring social inilah kemudian para pebisnis dapat mengambil keputusan untuk memberikan produk yang menjadi minat konsumen saat ini, melihat rekan bisnis yang berkompeten, maupun membaca gerak para pesaing yang setiap saat bisa mendahului dalam inovasi bisnis.

Tips yang kedua, sampaikan konten bisnis dengan baik

Bisnis yang kita jalankan juga harus disesuaikan dengan jenis jejaring social yang kita gunakan. Misal anda ingin mempromosikan sebuah produk dengan penjabaran yang panjang. Maka tidak mungkin anda menggunakan twitter yang hanya bisa memuat karakter teks 150. Ataupun anda ingin menjalin kerjasama dagang atau bisnis menggunakan instagram maka hal ini juga kurang tepat karena masih sedikit para pelaku bisnis yang menggunakan instagram untuk berbisnis.

Oleh karena itu gunakanlah media social yang paling banyak penggunanya seperti Facebook untuk mulai membangun bisnis dan untuk memperkenalkan produk dan perusahaan. Alasan lain adalah karena jumlah pelaku bisnis yang menggunakan Facebook lebih banyak daripada pengguna jejaring social yang lain. Sehingga akan membantu dalam pengembangan bisnis. Media social lain yang sering digunakan untuk berbisnis adalah Blackberry Messenger. Masing – masing jejaring social memiliki kelebihan dan kekuranganya. Namun setidaknya dari jejaring social para penggiat bisnis akan lebih mudah mempromosikan setiap produknya karena keleluasaan dari jejaring social yang seakan tanpa batas.

tips pamungkas

jalinlah kerja sama yang baik dengan para konsumen maupun lakon bisnis yang lain agar usaha anda dipercaya dan akan lebih bermanfaat bagi anda dalam mengembangkan sayap bisnis anda.

tags: , ,

Related For Tips Berbisnis Lewat Jejaring Sosial