Tips Cara memasang Prosessor, Heatsink, Ram dengan Mudah

Wednesday, August 30th 2017. | Aksesoris, Hardware, Komputer, Multimedia, Tutorial
Sponsored Links

 

Hallo guys, salam sejahtera buat semua, hari ini saya akan membahas tenatng tips caranya merakit Prosessor, Heatsink dan RAM dengan mudah dan cepat. Kebetulan saya sekolah jurusan tentang TKJ, kalian pasti tahu apa itu TKJ. Untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang langkah cara untuk merakit komputer. Jika kalian dapat memperhatikanya dengan serius, anda pasti akan bisa merakit komputer sendiri di rumah. Okelah, tanpa ada basa basi lagi, saya akan langsung menjelaskan  tips cara memasang prosessor, RAM, dan Heatsink, yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkanlah Komponen- komponen yang di gunakan untuk merakit komputer

Merakit komputer merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi yang suka merakit perakitan komputer, seperti saya ini, maka dari itu, jika anda ingin merakit komputer harus memiliki komponen-komponen yang di perlukan komputer, yaitu berupa Motheroard, Casing, Heatsink, Harddisk, prosessor, CDROM, RAM, VGA Card, Kartu Grafis, Kipas, Monitor, CD sistem operasi, keyboard, mouse, dan masih banyak lagi. Jangan lupa sediakan peralatan seperti obeng, ataupun perangkat pendukung lainya.

  1. Pasangkanlah perangkat seperti, prossessord hardisk, Ram ke dalam motherboard

Apa itu prosessor, prosessor adalah merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengontrol sistem yang ada di komputer. Biasanya prosessor ini di sebut dengan otaknya komputer. Tempat peletakkan dari prosessor sendiri yaitu di tempatkan di socket yang telah di sediakan oleh motherboad.

Salah satu yang amat penting, besar maupun cepat dan llambatnya komputer, tergantung dari kapasitas prosessor tersebut. Untuk sekarang, prosessor yang bagus itu menurut saya yaitu, kalau anda ingin menggunakanya hanya untuk biasa, maksudnya bukan untuk game, lebih baik menggunakan prosessor intel.

Namun, jika anda ingin menggunakanya untuk aplikasi lain, seperti games, saya sarankan supaya menggunakan prosessor yaitu prossessor AMD, karena Prosessor AMD sangat bagus untuk aplikasi game.

Cara pemasangan prosessor yaitu:

  • Buka pengunci socket prosessor yang ada pada motherboard.
  • Pasangkan prosessor ke motherboard. Ini penting!! Perhatikan bagian bawah prosessor, pastikanlah mempunyai tanda pada salah satu sudutnya, biasanya di tandai dengan lekukan, lubang atau anak panah.
  • Cocokan tandag tersebut dengan tanda yang ada pada socket prosessor.
  • Kemudian kunci kembali socket tersebut dnegan cara menekan tuas ke bawah, lalu mengaitkan pada pengunci yang ada.

Cara memasang Cpu cooler( Heat sink)

cara memasang heatsink

cara memasang heatsink

  • Lapisilah prosessor yang telah di pasang tadi, dan pada permukaan Heat sink dengan pasta gigi(beguna untuk pendingin)
  • Kemudian pasang heatsink tepat pada atasnya prosessor, lalu kencangkan pengunci heatsink tersebut.
  • Hubungkan daya yang terdapat pada heatsink dengan motherboard.

Cara memasang RAM

cara memasang RAM

cara memasang RAM

  • Perhatikan slot memory motherboard anda, apakah sudah sesuia dengan jenis memory yang akan anda gunakan.
  • Jika sudah selesai, pasangkan memory tersebut ke slot yang telah di sediakan.
  • Jika sudah selesai, klik pengait pada masing-masing yang ada di ujung memory tersebut, tujuanya agar memory tidak mudah jatuh, ataupun tidak bergerak-gerak.

Itulah tips cara memasang prosessor, Hearsink, Dan RAM yang mudah dan cepat, tambahan dari saya, jika anda memasang prosessor, saya sarankan supaya berhati-hati, jika ada salah satu chip yang ada pada socket prosessor ada yang patah, walaupun hanya satu, maka motherbord itu pun tidak dapat di gunakan.

Sekian dari saya, mohon maaf bila hanya sedikit, bila anda ingin belajar merakit komputer sendiri, artikel selanjutnya akan menyusul, sekian dari saya, terima kasih.

tags: , , ,

Related For Tips Cara memasang Prosessor, Heatsink, Ram dengan Mudah