Tips Melindungi Komputer Dari Ancaman Virus

Friday, April 7th 2017. | Blog, Software, Tutorial
Sponsored Links

Komputer seperti gudang yang dapat memuat begitu banyak data atau file baik milik pengguna pribadi maupun bagi pengguna komputer yang lain. Tidak hanya data-data milik pengguna akun pribadi, data-data milik pengguna umum juga bisa atau diperbolehkan disimpan di Drivenya. Namun selayaknya gudang yang menyimpan barang berharga, keamanan terhadapa gudang tersebut juga harus diperhitungkan agar barang yang ada gudang tersebut tidak dibobol dan diambil oleh pencuri.

Pasti bagi kalian tidak inginkan? Barang berharga kalian diambil oleh orang lain? Atau barang yang sifatnya pribadi diketahui oleh orang lain kemudian disebar luaskan ke ranah public sehingga mungkin akan membuat aib kalian ketahuan orang banyak.

Untuk melindungi sebuah gudang biasanya para pemiliknya memberikan perlindungan dengan menempatkan seorang atau lebih security untuk menjaga dari hal yang tidak diinginkan seperti pencurian dan perampokan. Jika ada security yang menjaga paling tidak walaupun tidak bisa menghentikan, security tersebut akan mengenali cirri-ciri dari orang yang mencoba membobol gudang tersebut.

Hacker

Hacker

Data yang ada pada Drive komputer juga demikian, komputer yang apabila tidak dilindungi oleh security juga akan mudah dibobol oleh pihak asing sehingga mereka bisa dengan mudah melakukan remote control terhadap komputer kita. Cara mereka dalam membobol komputer korban adalah dengan membuat sebuah program jahat. Program jahat inilah yang selama ini kita ketahui sebagai virus.

Memang kebanyakan virus yang dibuat oleh orang tersebut adalah untuk niat yang tidak baik bahkan ada pula yang sampai mengarah kepada perbuatan criminal. Salah satu contoh kasus seperti yang dialami oleh perusahaan besar Sony yang beberapa saat lalu beritanya menggemparkan dunia karena situs mereka telah dirambah oleh para oknum tidak bertanggung jawab. Ada juga kasus lain yang pernah dialami oleh salah satu bank yang kehilangan begitu banyak uang nasabahnya karena diambil dari luar negeri sehingga sulit untuk melacaknya.

Dari beberapa contoh kasus diatas ada lagi satu kasus dalam negeri yang beberapa minggu lalu cukup membuat heboh dunia maya, bukan karena datanya dicuri tetapi karena data yang ada pada akun pribadi bisa dimodifikasi oleh pihak asing yang berhasil membobol akun orang tersebut. Mereka dapa membobol akun tersebtu dengan cara membuat tautan palsu dengan gambar video fulgar sehingga menarik perhatian korbanya untuk mengklik tautan link tersebut. Setelah link tersebut dikunjungi bukanya video yang dapat ditonton namun korban tidak sengaja juga mendownload malware yang mampu memodifikasi akun korban. Alhasil malware tersebut mampu membuat tag kepada teman-teman facebook korban dengan menampilkan gambar-gambar porno. Meskipun tidak begitu merugikan korban namun dampak dari perbuatan dari malware ini adalah malu bagi pemillik akun.

Antivirus Non Lokal

Antivirus Non Lokal

Nah, melihat hal diatas tentu pengguna kompuer harus berhati-hati dan selalu waspada terhadap segala ancaman terhadap data yang ada pada komputer kita. Salah satu cara untuk melindungi akun dari ancaman virus diantaranya adalah dengan memasang antivirus. Antivirus ini adalah software yang bisa didownload baik secara gratis maupun berbayar melalui web servernya. Antivirus ada beberapa macam yaitu local (buatan dalam negeri) dan internasional (buatan luar negeri). Contoh dari antivirus local adalah smadav, ansav, pc media, kompas antivirus dan lain-lain. Contoh antivirus internasional seperti Norton, avast, mcafee dan masih banyak lagi.

Baik antivirus local maupun non local masing-masing mempunyai kelebihan kelemahanya masing-masing. Namun bagi anda yang ingin merasa aman coba pasang saja kombinasi dua antivirus local dan non local. Meskipun sebenarnya antivirus non local cukup ampuh untuk membasmi virus namun untuk jaga-jaga biar lebih tenang dan aman menghadapi ancaman virus local dan non local maka bisa mengkombinasikan dua jenis antivirus tersebut.

Nah supaya anda lebih tenang lagi dalam menjaga komputer anda simak terus konten yang ada dikomputerlamongan.com. Pada konten berikutnya akan dibahas tentang bagaimana mempersenjatai komputer dengan antivirus local, SMADAV.

tags: , , ,

Related For Tips Melindungi Komputer Dari Ancaman Virus