Tips Membangun PC Gaming

Tuesday, April 19th 2016. | Blog, Tutorial
Sponsored Links

Komputer merupakan salah satu alat canggih yang berhasil diciptakan manusia yang bisa bermanfaat disegala bidang. Beberapa contoh manfaat dari komputer adalah bisa mempermudah kerja manusia. Semisal pekerjaan di pabrik yang menggunakan sistem komputerisasi, pekerjaan akan lebih cepat diselesaikan dan bisa mencapai produksi maksimal. Selain itu lebih mudah untuk melakukan monitoring karena semuanya sudah di masukan ke dalam program komputer. tinggal pencet tombol on mesin dikomputerisasi sudah bisa berjalan dengan sendiri.

PC Gaming

PC Gaming

Namun tidak hanya dimanfaatkan untuk membantu mempermudah pekerjaan komputer juga digunakan untuk sarana hiburan atau entertainment. Komputer merupakan alat yang bisa diupgrade dan dimodifikasi sesuai dengan tingkat kebutuhan yang diinginkan. Sarana hiburan atau entertain yang sering digunakan oleh user adalah untuk bermain game. Game-game yang ada saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Game-game berbasis 3D yang memiliki gambar menyerupai aslinya menjadi game yang paling laris di pasaran. Namun untuk bisa menikmati game berbasis 3D tersebut dibutuhkan juga spesifikasi komputer yang tinggi disetiap komponen yang ada di dalam komputer. oleh karena itu utnuk memenuhi kebutuhan gaming tersebut maka komputer perlu di upgrade atau dimodifikasi.

Membangun komputer gaming adalah merupakan persoalan yang tidak murah. Komponen-komponen yang support untuk gaming saat ini harganya bisa selangit mahalnya. Para gamer harus lebih arif dalam membeli part-part untuk membangun komputer mereka. Jangan hanya karena menuruti keinginan bermain game uang dalam kantong terkuras semua.

Alat-alat gaming pada komputer ada beberapa macam, seperti alat untuk mesupport grafis, suara dan juga alat untuk mengoperasikanya. Alat untuk mensupport grafis merupakan bagian yang paling vital karena alat inilah yang memproses keluaran gambar atau pencitraan grafis. Bagian komputer yang melakukan proses pengolahan gambar yaitu VGA. VGA atau Video Graphic Accelerator berfungsi untuk mengubah dan menerjemahkan out put dari komputer menjadi tampilan grafis pada monitor.

Pada dasarnya VGA juga sudah tertanam pada motherboard namun karena ukuranya yag terbatas ini masih belum bisa untuk menjalankan game atau aplikasi pegolah gambar yang lain. VGA card atau biasa dikenal dengan istilah kartu grafis memiliki kemampuan yang lebih tangguh dari pada VGA onboard. Misal VGA onboard yang memiliki ukuran 256mb bila di adu dengan VGA card dengan ukuran yang sama maka VGA cardlah yang akan keluar sebagai juara. Hal ini dikarenakan VGA card memiliki bagian-bagian sendiri yang tidak lagi memberatkan kerja komputer. contoh bagian-bagian yang dimiliki VGA card ini adalah adanya memori yang terpasang pada VGA card sehingga ketika sudah terpasang ke komputer VGA card tidak lagi menggunakan memori yang terpasang pada mainboard.

Selain itu VGA card juga memiliki chipset sendiri sehingga kinerja prosesor pada komputer tidak akan terbebani lagi ketika terjadi proses penerjemahan sinyal digital untuk ditampilkan pada monitor. VGA card inilah yang menjadi alat utama gamer untuk bisa menikmati game dengan mulus dan kualitas bagus. Adapun alat lain yang dibutuhkan gamer untuk gaming adalah RAM yang besar, keybord gaming, mouse dan joystick. Adapun untuk ukuran masing-masing komponen bisa disesuaikan dengan kantong masing-masing.

tags: , ,

Related For Tips Membangun PC Gaming