Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Friday, September 8th 2017. | Komputer
Sponsored Links

Di masa yang canggih ini, perangkat elektronik memiliki peran yang sangat penting dalam urusan mempermudah atau meringankan pekerjaan manusia, karena model dan fungsinya yang relatif lebih mudah dan canggih dari pada piranti atau perangkat kuno yang masih manual pengguanaya. Maka tak ayal bila manusia sangat memerlukan perangkat elektronik unyuk mempermudah pekerjaan manusia, tak terkecuali laptop.

Laptop adalah perangkat elektronik yang di desain sebagai alat hiburan, bekerja dan juga desain karena memang di peruntukan untuk multifungsi apalagi bagi para pekerja kantoran atau mahasiswa yang cenderung sangat membutuhkan perangkat ini dalam merampungkan berbagai tugas yang mereka dapatkan setiap harinya.

Dengan berkembangnya perangkat yang satu ini di dunia moderen, maka tak ayal bila laptop banyak sekali penggunaya. Selain iti banyak sekali vendor lokal maupun non lokal yang berlomba-lomba membuat laptop dengan spersifikasi yang unggul demi memenuhu berbagai permintaan konsumen yang mendambakan berbagai varian laptop yang sesuai dengfan kebutuhan mereka. Misalkan laptop untuk urusan kantor, gaming dan juga desain grafis. Beda jenis laptop, maka akan beda pula spersifikasi yang di berikan oleh vendor laptop yang ada. Karena menyesuaika kebutuhan konsumen yang selalu berbeda-beda.

pilih laptop yang tepat

Berbicara soal laptop, yang pasti masih banyak sekali orang-orang di luar sana yang sealau mendambakan memilki piranti yang satu ini. Namun terkadang terhalang dengan budget, lalu solusinya adalah membeli laptop bekas, karena memiliki harga yang relatif lebih murah dari pada barang barunya. Bagi anda yang mendambakan laptop baru namun masih terhalang oleh budget, maka pilihlah alternatif kedua, yaitu membeli yang bekas. Namun, juga jangan gampang tergiur dengan ucapan si pelapak yang mengatakan barang masih oke namun nyatanya sudah ko. Maka, disini saya akan memberikan refrensi cara memilih laptop bekas yang berkualitas. Langsung saja simak di bawah ini.

  1. Periksa fisik laptop.

Tampilan fisik adalah yang pertama kali kita lihat karena dapat menjadi salah satu acuan penilaian pakah si pelapak merawatnya dengan baik dan benar. Namun belum tentu juga yang hancur luarnya akan jelek dalamya begitupun sebaliknya. Maka setidaknya pilihlah laptop yang jika mata memandang membuat kita senang, sehingga kemungkinan dalamnya juga masih terjaga.

  1. Cek performa dan fungsi laptop.

Salah satu hal yang sangat penting dari membeli laptop bekas adalah dengan cara memeriksa fungsi dari komponen yang ada. Misalnya cek kondisi USB, cek DVD-ROM, webcam, keyboard dan juga kondisi speakernya.

  1. Cek garansi laptop.

Sebagai laptop bekas maka prioritaskan untuk mencari laptop yang masih ada garansi toko atau garansi resmi, agar nantinya jika ada kerusakan dapat meminimalisir resiko yang tidak di inginkan, karena kita masih memiliki kartu garansi.

  1. Periksa batrai dan charger.

Kebanyakan orang yang membeli laptop bekas memiliki kendala pada batrai yang sudah bocor atau rusak. Memang sangat sulit sekali memeriksa apakah batrai laptop yang akan kita beli masih dalam kondisi prima. Namun ada satu trik jitu yang patut di coba, yaitu bukalah aplikasi berat 5-10 saja, lalu tunggu dan mainkan selama sekitar10 menitan. Jika ada penurunan batrai laptop yang drastis, maka dapat di pastikan batrainya dalam kondisi kurang baik. Bila anda menjumpai hal semacam ini, maka pikirkan dulu dua kali untuk membelinya.

  1. Periksa bagian layar LCD.

Memeriksa layar laptop sama pentingnya dengan pemeriksaan yang lain, karena harga layar laptop tergolong tinggi. Jadi periksa dengan seksama dulu, sebelum membelinya. Caranya mudah yaitu dengan mengganti walpapernya dengan warna putih lalu hitam polos dan jika ada kejangalan warna maka bisa di pastikan ada kerusakan pada LCD laptop.

  1. Cek harga di pasaran.

Pada umumnya laptop bekas di jual sesuai dengan kondisi dan lama pemakaian serta harga pasaran. Secara umum laptop bekas akan turun harganya sekitar 20%-40%, maka jika menjumpai harga yang masih relatif tinggi, sebaiknya fikirkan dua kali dulu untuk membelinya dan jangan lupa selalu update harga pasaranya.

  1. Jangan mudah tergiur kata-kata.

Yang paling penting adalah jangan mudah tergiur kata-kata si pelapak yang mengatakan laptop masik oke padahal sudah ko. Maka berhati-hati dan untuk lebih amanya beli di pelapak atau toko terpercaya.

Memang, kini laptop telah menjadi alat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Maka bijaklah dalam memilih laptop bekas atau baru sesuai kebutuhan anda dan tentunya masih dalam kondisi bagus dan prima, agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

tags: , , ,

Related For Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas