Tips Memilih Laptop Berdasarkan Kebutuhan Anda

Friday, September 8th 2017. | Komputer
Sponsored Links

Di zaman yang semakin maju ini, maka tak ayal bila banyak sekali beragam alat yang di ciptakan oleh manusia demi memenuhi kebutuhan dan juga mempermudah pekerjaan manusia setiap harinya. Sebut saja laptop. Laptop adalah sebuah alat yang di ciptakan untuk mempermudah pekerjaan mausia atau sebagai alat hiburan untuk bermain game atau mengedit sebuah file tertentu.

Dalam perkembanganya laptop semakin lama semakin berkembang menjadi alat untuk semua kalangan dengan berbagai variasi spersifikasi yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan si pengguna. Sebagai contoh sebut saja seorang gamer. Seorang gamer adalah orang yang sangat senang bermain game. Maka laptop yang di peruntukan mereka adalah laptop yang memiliki keunggulan di bagian grafis, processor dan ram.

Berbeda lagi dengan orang yang menggun laptop untuk sekedar mengetik saja, maka tidak perlu yang namanya spersifikasi kelas atas. Karena hanya di peruntukan untuk membuka software yang umumnya tidak terlalu berat dan hanya memakan sedikit ram saja, seperti Microsoft office, wifi dan software kerja lainya.

pilih laptop

Dalam memilih laptop harus mempertimbangkan harga jual, spersifikasi dan kegunaan laptop tersebut nantinya. Karena jika kita memilih laptop dengan spersifikasi yang tidak sesuai hanya akan membuat kita rugi dan ujung-ujungnya laptop tidak akan mampu bertahan lama, karena spersifikasi yang di butuhkan tidak memadai atau bahkan sebaliknya.

Maka salah satu cara jitu adalah mempertimbangkan untuk apakah laptop yang anda beli nantinya. Karena sangat berpengaruh pada kinerja laptop dan ketahanan laptop nantinya. Selain memperhatikan kegunaan, kita juga harus memperhatikan harga jualnya karena jika harga tidak sesuai kondisi kantong maka hanya akan membuat impian belaka. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka disini saya akan memberikan tips cara memilih laptop sesuai kebutuhan anda. Untuk lebih lengkapnya mari simak di bawah ini.

tips cara memilih laptop sesuai kebutuhan.

  1. Analisa kebutuhan kita.

Jika anda ingin membeli laptop maka perlu yang namanya analisa kebutuhan. Agar kita dapat menentukan laptop apakah yang sesuai dengan kebutuhan kita nantinya. Ada tiga tipe kebutuhan yang perlu anda perhatikan.

  • Untuk Office.

Bila anda membeli laptop khusus untuk kegiatan office saja, maka janganlah mencari spersifikasi yang tinggi karena hanya akan mubadzir ujung-ujungnya. Sebagai laptop office, maka pilihlah laptop dengan keyboard yang lebar, lengkap, tombol nyaman, layar lebar serta nyaman bagi mata dan jari.

Hal ini di karenakan laptop office hanya akan di gunakan untuk membuka beberapa program kecil, seperti Microsoft Word, Microsort Power Point dan juga Microsoft Exel, maka hanya akan membutuhkan spersifikasi yang rendah saja.

  • Untuk Gaming.

Pilihan kedua bila anda mengguanakan laptop anda untuk bermain game saja maka maka akan memerlukan spersifikasi yang cukup ganas, terutama pasa bagian processor ( processor harus canggih ), kapasitas RAM besar, VGA atau GPU berkemampuan cukup tinggi, serta ruang tampung data atau hardisc yang mumpuni untuk menyimpan berbagai game yang anda sukai.

Selain itu, sebagi laptop gaming maka pastikan laptop anda memiliki sistem pendingin yang mumpuni, karena laptop akan bekerja lebih keras ketimbang komputer biasa.

  • Untuk desain grafis.

Bagi anda yang lebih menggunakan laptop untuk kebutuhan grafis, maka anda sangat memerlukan spersifikasi laptop yang cukup tinggi. Karena pada umumnya software yang di peruntukan untuk desain grafis, harus memiliki kemampuan mumpuni di bagian VGA, Processor, RAM dan juga ruang penyimpanan data yang melegakan. Dalam pemilihan laptop grafis maka perlu di perhatikan pemilihat hardware tertentu, karena terkadang software tertentu membutuhkan membutuhkan spersifikasi tinggi atau rendah pada hardware tertentu.

  1. Tentukan jenis laptop yang akan dibeli.

Setelah anda menentukan untuk apa nantinya laptop yang akan anda beli, maka tahap selanjutnya kita harus menentukan jenis laptop yang tepat. Bila anda membutuhkan laptop untuk bermain game, maka anda harus memilih laptop yang memiliki spersifikasi ganas dan kuat untuk bermain game tentunya seperti memiliki tinggi spersifikasi pada bagian RAM, Processor, Grafis, dll.

Jika anda membutuhkan laptop untuk kebutuhan berdisan grafis, maka harus siap-siap untuk mencari laptop yang memiliki RAM, Grafis dan juga processor yang mumpuni seesuai dengan aplikasi yang akan ita gunakan nantinya.

Dan terakhir, bila anda memilih laptop yang hanya sekerdar untuk bekerja di kantor atau mengetik, maka anda cukup memilih laptop dengan keyboard nyaman, layar lebar, RAM rendah dan juga processor yang biasa. Karena untuk urusan tidak perlu menggunakan spersifikasi tinggi, pasalnya software yang di gunakan tidak berat dan besar.

  1. Perhitungkan garansi dan servisnya.

Memperhitungkan garansi pada si laptop yang akan kita beli adalah salah satu hal yang amat penting, karena pabrikan laptop sendiri, juga tidak menjamin berapa lama laptop yang mereka buat dapat bertahan. Maka solusinya mereka memberikan garansi. Pastikan anda memilih laptop yang sebaik mungkin dan memberikan pelayanan servis dan juga garansi paling bagus. Sehingga dapat menghindarkan kita dari resiko yang tidak kita inginkan suatu saat nanti.

  1. Mempertimbangkan harga jualnya kembali.

Ini adalah salah satu bagian yang sngat penting sekali karena jika suatu hari nanti anda ingin menjual laptop anda maka bisa dengan mudah menentukan harga di pasaran. Untuk urusan menjual laptop kembali biasanya di setiap kota harganya beda, karena tergantung minat orang-orang dan juga kondisi kota tersebut. Maka  usahakan ketahui dulu harga pasaran di kota anda.

Memilih laptop yang tepat guna adalah suatu tindakan yang bijak, karena dapat meminimalisir kemubadziran barang yang kita beli karena tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Maka bijaklah dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

tags: , , ,

Related For Tips Memilih Laptop Berdasarkan Kebutuhan Anda