Tips Mencharge Smartphone Supaya Baterai Awet

Monday, January 11th 2016. | Tutorial
Sponsored Links

smartphones-juni-2013

Smartphone atau biasa disebut ponsel pintar merupakan salah satu gadget yang seakan sudah wajib dibawa bagi para penggila gadget. Perangkat pintar yang satu ini selalu ada menemani penggunanya kapanpun dan dimanapun. Setiap saat mau mengakses layanan, baik layanan panggilan, perpesanan maupun layanan lain yang menggunakan internet, ponsel pintar ini selalu menjadi barang senjata utama.

Tipis, ringan, nyaman, mudah disimpan inilah yang menjadikan ponsel pintar selalu ada dimanapun penggunanya berada. Bahkan beberapa pengguna kadang lebih rela dompet ketinggalan di rumah dari pada ketinggalan ponsel mereka. Karena saking seringnya pengguna bertatapan dengan ponsel pintarnya, terkadang mereka juga tidak sadar bahwa ponsel pintar mereka juga membutuhkan daya untuk bisa beroperasi.

Kendala terhadap daya, menjadi masalah yang cukup serius bagi sebagian besar pengguna. Tak jarang mereka bahkan membawa charger untuk persiapan menlakukan isi ulang baterai. Ada juga yang membawa power bank cadangan isi ulang apabila sulit menemukan sumber energy listrik.

Pada umumnya kemampuan daya tahan baterai smartphone hanya dapat bertahan 4 sampai 5 jam bila digunakan secara intens. Apalagi bila digunakan untuk mengkases layanan internet baik 3G maupun 4G kemampuan daya tahanya bahkan bisa turun secara drastis.

Supaya daya tahan baterai smartphone bisa bertahan cukup lama, maka proses pengisian ulang baterai harus dilakukan dengan benar. Berikut disajikan beberapa tips cara yang benar melakukan pengisian baterai smartphone:

  1. Jangan menggunakan baterai sampai habis total

Saat ini, kebanyakan smartphone menggunakan baterai berbahan litium ion. Bahan ini berbeda dengan bahan beterai pada ponsel terdahulu yang menggunakan bahan nikel. Jika pada baterai berbahan nikel memang disarankan untuk dibiarkan habis terlebih dahulu sebelum di isi ulang kembali hal ini dimaksudkan agar daya bisa terisi maksimal.fill baterai

Namun hal ini berbeda dengan baterai yang berbahan litium ion. Sangat disarankan agar smartphone yang menggunakan baterai berbhan litium ion ini dijaga agar daya yang tersimpan didalamnya tetap diatas 50 persen atau minimal 20 persen. Hal ini dimaksudkan agar daya tahan baterai bisa bertahan lebih lama dan baterai tetap awet selama masa penggunaan.

  1. Jangan di charge terlalu lama

Asumsi yang berkembang di publik selama ini adalah melakukan pengisian baterai dalam waktu lama akan membuat daya yang ada di dalam baterai juga meningkat. Hal ini sebenarnya bukanlah asusmsi yang tepat karena sesungguhnya baterai sudah memiliki kemampuan untuk menampung dayanya sendiri.

Jika baterai discharge terlalu lama hal ini justru malah akan membuat baterai cepat rusak. Oleh karena itu kebiasaan untuk mencharge baterai dalam waktu yang lama harus ditinggalkan. Jika baterai sudah penuh sebaiknya charger segera dilepas dari sumber daya listrik.

  1. Charge langsung ke soket listrik

Beberapa ponsel pintas saat ini memiliki fitur untuk melakukan pengisian ulang baterai secara nirkabel. Beberapa pakar menyebutkan metode ini kurang baik untuk baterai smartphone karena metode ini dapat membuat baterai menjadi panas. Hal ini akan berakibat tidak baik untuk baterai.chargingiphone

Ada baiknya supaya baterai smartphone di charge langsung ke soket listrik karena dengan menghubungkan langsung ke soket listrik baterai akan lebih cepat terisi.

tags: , ,

Related For Tips Mencharge Smartphone Supaya Baterai Awet