Tips Mengatasi Laptop Terkena Tumpahan Air

Saturday, April 11th 2015. | Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links

p012kv50

Hal yang dapat membuat kita bingung dan panik ketika kita sedang bermain laptop salah satunya adalah laptop kita ketumpahan air, baik itu air putih, air teh, air kopi terlebih lagi air susu. Saya akan membahas tips untuk mengatasi laptop yang terkena tumpahan air.

Pada artikel kali ini saya membahas tentang hal tersebut, karena kemarin saya mengalaminya. Seharian penuh saya bingung mencari cara agar laptop saya tidak sampai rusak. Saya temui teman yang rumahnya hanya samping rumah, akhirnya aku minta saran dari dia.

Inilah tips untuk mengatasi laptop yang tekena tumpahan air:

  1. untuk paling awal agar tidak terjadi konsleting, segera matikan laptop dengan cara mencabut charger yang tersambung antara laptop dengan listrik dan cabut baterai laptop.
  2. Jika ada beberapa perangkat yang tersambung atau yang menempel dengan laptop, segera cabut semuanya. Tujuannya sama agar tidak terjadi konsleting.
  3. Kemudian baterai tersebut kita keringkan dengan cara kita jemur. Akan tetapi tidak boleh langsung terkena sinar matahari, karena akan menyebabkan bahan kimiawi yang berada didalam baterai akan rusak. Dan bahkan apabila baterai laptop di jemur langsung terkena terik sinar matahari akan meledak. Dengan demikian, jemurlah pada tempat yang tidak terkena langsung oleh sinar matahari.
  4. Bersihkan semua air yang terdapat di bagian luar laptop, dengan cara mengelap dengan kain yang bersih. Jika laptop terkena tumpahan kopi maka bersihkan sisa-sisa kopi yang terdapat di sela-sela laptop dengan menggunakan cotton buds.
  5. Baiklah sekarang sebelum masuk ke tahap yang dapat mengambil resiko, kita taruh laptop kita dengan keadaan telungkap jadi keyboard menghadap kebawah. Tujuannya supaya air yang masuk ke dalam keyboard bisa keluar. Kemudian keringkan laptop dengan kipas tapi dengan kecepatan yang sedang atau lambat saja.
  6. Tunggu proses pengeringan dan penjemuran tersebut hingga sehari semalam, agar air benar-benar hilang atau kering. Kemudian pasang kembali baterai laptop. Dan nyalakan.
  7. Alhamdulillah laptop saya sekarang sudah nyala kembali, dan bisa membuat artikel lagi.

Demikian tips atau cara saya mengatasi laptop yang terkena air. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil. Terimakasih atas kunjungannya.

tags: , , ,

Related For Tips Mengatasi Laptop Terkena Tumpahan Air