Tips Mengatasi Masalah Koneksi Internet Lemot

Monday, July 25th 2016. | Blog, Internet, Jaringan, Komputer
Sponsored Links

koneksi internet lemot

Ketika kita terkoneksi dengan internet dan koneksinya lancar dan mulus sudah biasa. Namun apabila kita sedang terkoneksi internet tetapi konekneksinya bermasalah, lalu apa yang harus kita lakukan?

Tips untuk mengatasi permasalahan dalam koneksi internet, ada sesuatu yang akan menjadi keunikan didalamnya. Biasanya hardware yang kita gunakan atau teknologi yang didukung oleh Internet Sercive Provider (ISP) biasanya akan mengakibatkan permasalahan dalam koneksi internet.

Langsung saja ini Tips Mengatasi Masalah Koneksi Internet Lemot

  1. Mereboot / merestart PC

Apabila dalam komputer kita ada banyak kesalahan atau mengalami error secara umum, ada baiknya kita Reboot atau Restart komputer kita yang gunanya untuk memperbaiki masalah atau error tersebut.

  1. Memeriksa nama pengguna atau user name dan password yang telah diberikan dari ISP

Tahap ini perlu ketelitian, jika kita salah dalam memasukan nama pengguna atau user name dan password yang sudah diberikan dari ISP maka biasanya koneksi akan gagal. Pastikan untuk mengisi dengan benar nama pengguna atau user name dan password ISP. Untuk memperbaiki terjadinya koneksi yang bermasalah, dengan cara kita masukkan ulang nama pengguna atau user name dan password ISP.

  1. Memeriksa semua koneksi pada kabel

Tahap ketiga ini dilakukan ketika tahap 1 dan 2 diatas belum bisa mengatasi permasalahan dalam koneksi. Dalam beberapa masalah koneksi port kabel sangatlah berpengaruh. Caranya lepas kabel kemudian pasang kembali, namun sebelum memasang tunggulah beberapa saat agar komputer merefresh sistem dahulu. Biasanya masalah yang terjadi karena port kabel adalah terkadang hang.

  1. Mengecek IP Adress

3 tahap diatas belum dapat mengatasi permasalahan, kita lakukan tahap yang ini. Kita cek IP Adress internet kita. Caranya kita buka Command Prompt atau CMD: klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt, atau juga bisa tekan pada keyboard Windows+R > ketikan CMD. Pada Command Prompt atau CMD kita ketikan ‘ipconfig’ (tanpa mamakai tanda kutip) kemudian tekan enter.cmd Kita akan ditunjukan konfigurasi IP (Internet Protocol) koneksi kita. Kemudian kita cek apakah yang kita peroleh adalah alamat IPv4 Adress sama seperti yang digambar atau tidak. Apabila alamat yang kita dapatkan tidak sama dengan yang ada digambar, maka ISP kita pasti telah putus. Dalam masalah ini untuk memperbaiki permasalahan kita perlu hubungi ISP kita.

  1. Memperbarui IP Adress

Dalam tahap ini adalah kita lakukan jika terjadi kesalahan atau tidak terhubung pada internet, padahal alamat IP yang kita peroleh sudah pasti sama dengan gambar diatas. Kita lakukan step by step untuk memperbarui alamat IP. Masukan perintah pada Command Prompt atau CMD;

  • ipconfig /release
  • ipconfig /renew

kemudian lakukan tes koneksi lagi. Dan juga kita perlu mereboot atau merestart komputer kita.

Dalam beberapa kasus biasanya tahap-tahap diatas seharusnya telah berhasil.

Demikian ulasan artikel tentang Tips Mengatasi Masalah Koneksi Internet Lemot. Apabila banyak kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

tags: , , ,

Related For Tips Mengatasi Masalah Koneksi Internet Lemot