Tips mengatasi masalah pada Internet Download Manager (IDM)

Wednesday, August 31st 2016. | Aplikasi, Blog, Internet
Sponsored Links

IDM baru 2011 6.05

Siapa yang tidak tahu dengan Internet Download Manager (IDM) yang sangat fenomenal di dunia pen-download-an? IDM adalah salah satu fitur software yang sangat menggiurkan untuk melakukan download-mendownload dengan sangat cepat dibandingkan dengan memakai fitur downloadan yang sudah tersedia pada firefox atau opera.

Di sini saya akan membagi beberapa tips yang semoga bisa membantu anda dalam memecahkan sedikit masalah pada IDM anda yang sedang bermasalah. Ini berdasarkan kasus dan pengalaman saya sendiri dan di ambil dari beberapa sumber.

KASUS 1

Pengalaman saya yang pertama saat menggunakan IDM yang sepertinya benar-benar harus dirombak adalah seperti ini. Saat saya mendownload file atau video, saya tahu kalau downloadannya jalan dan kemudian bisa di download dengan lengkap (complete). Tapi masalahnya adalah saat melihatnya di dalam folder download drive C, file yang saya download tadi tidak ada di sana, tapi saat kita melihatnya di list download IDM, di sana jelas-jelas ada data yang kita download tadi. Nah. Ada apa ini?

  • Pemecahan 1 –> Untuk memastikan data anda lengkap di download atau tidak, file yang pada list download IDM yang ada pada folder ‘Finished’ di klik kanan –> ‘open’ atau pilih ‘open with’.
  • Pemecahan 2 –> Bisa saja data anda melanglang buana kemana-mana, dari pada capek buka folder komputer satu-satu, maka klik kanan pada file yang sudah selesai di download yang ada pada list download IDM di file ‘Finished’ –> ‘Open Folder’   maka kita akan tahu letak data kita di mana.
  • Pemecahan 3 –> kalau mau memastikan dengan lebih rinci, buka folder di komputer anda satu-satu agak ribet sih, tapi semangat saja.

KASUS 2

Jika file yang itu masih belum ditemukan juga, maka kemungkinan besar filenya itu ‘Hidden’, atau kalau ada peringatan yang mengatakan kalau file itu sudah diremove secara otomatis (bukan kita yang meng-hidden nya), maka file itu bisa dikatakann telah ter-super hidden.

  • Pemecahan 1 –> Untuk file yang tidak ditemukan juga, maka seperti biasa, klik Tools > Folder Option > View > centang ‘Show hidden files and folders > Ok.
  • Pemecahan 2 –> Untuk file yang di super hidden maka lakukan langkah ini: klik Start Button > RUN > (ketik:  cmd) > Enter  > maka DOS akan keluar > ketik drive yang ingin dituju untuk pencarian, misalnya D > Enter > ketik perintah berikut:   attrib -s -h -r /s /d  (n/b: perhatikan spasinya!) > Enter.
  • Pemecahan 3 –> Jika tidak ada, maka pakai pencari Recover My Files, ini adalah program yang mengembalikan data-data yang perginya entah kemana, penggunaannya memang memerlukan waktu yang lama, tapi data-data yang hilang bisa kembali.

KASUS 3

Jika cara di atas tidak mempan untuk komputer saya, maka saya memutuskan untuk uninstall IDM saya. Setelah benar-benar tehapus, saya mendownload IDM versi yang baru.

Demikian ulasan artikel tentang Tips mengatasi masalah pada Internet Download Manager (IDM) oleh komputerlamongan.com. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Incoming search terms:

  • mengatasi masalah idm
tags: , , ,

Related For Tips mengatasi masalah pada Internet Download Manager (IDM)