Tips Menjaga Flashdisk Agar Tetap Awet dan Data Tidak Rusak

Saturday, February 6th 2016. | Tutorial
Sponsored Links

Dengan banyaknya pengguna komputer semakin banyak juga pengguna flashdisk. Untuk itu kita perlu menjaga flashdisk kita dari serangan apapun. Walaupun barang yang namanya flashdisk tidak lagi menjadi barang yang mahal tetapi kita juga perlu menjaganya agar file – file atau data kita yang terdapat di dalam flashdisk tidak rusak.

tips merawat flashdisk

tips merawat flashdisk

Sekarang ini flashdisk tidak lagi hanya di gunakan oleh pekerja It ataupun pekerja kantoran melainkan pengguna flashdisk saat ini sangat menyeluruh baik pelajar ataupun bukan. Karena flashdisk mempunyai manfaat yang banyak meskipun barangnya cukup anut, nah itulah salah satu kelebihan flashdisk.

Di kesempatan kali ini saya akan memberi solusi kepada anda yaitu bagaimana cara menjaga flashdisk akan tetap awet. Kenapa saya mengambil tema seperti itu ? karena saya rasa para pengguna flashdisk yang banyak yang melimpah ruah masih ada yang belum mengerti bagaimana menjaga flashdisk agar data di dalamnya tidak rusak.

Tips Menjaga Flashdisk Agar Tetap Awet dan Data Tidak Rusak :

  • Scan virus secara berkala

Dengan mudahnya colok komputer sini colok komputer sana, menjadikan flashdisk mudah terserang virus. Untuk itu kita harus secara berkala membersihkan atau melakukan scanning terhadap flashdisk kita, agar flashdisk dan komputer kita tidak terserang flashdisk. Jika flashdisk sudah terserang oleh virus maka peristiwa yang akan terjadi yaitu data atau file yang ada di dalam flashdisk menjadi rusak.

  • Cara penyimpanan data

Dalam menyimpan data ke dalam flashdisk kita juga perlu hati – hati, jangan menyimpan data terlalu besar di dalam flashdisk. Juga jangan sering – ser5ing melakukan format terhadap flashdisk, serta jika kita ingin mengedit data di dalam flashdisk langkah yang baik adalah mengcopy terlebih dahulu data ke komputer, setelah selesai baru di simpan lagi ke dalam flashdisk.

  • Eject flashdisk sebelum di cabut

Setelah kita selesai menggunakan flashdisk dan ingin melepaskan dari komputer hal yang jangan di lewatkan ialah mengejecy terlebih dahulu flashdisk dari komputer kemudian baru di cabut. Tujuan di lakukan eject ialah agar data kita tidak mengalami corrupt.

  • Tutup socket USB

Jika anda sudah selesai dan sudah mencabut dari komputer, jangan lupa tutup socket USB flashdisk. Ini bertujuan agar debu – debu tidak bisa masuk di socket USB.

  • Simpan flashdisk dengan baik

Ini mempunyai maksut yaitu jangan sampai anda menyimpan flashdisk di dekat barang elektronik yang mempunyai magnet yang sangat besar seperti TV, kulkas, ponsel dan yang lainnya. Dan jangan lupa hindarkan flashdisk dari panas (sinar matahari).

  • Hindari terkena air

Barang elektronik sangat rawan sekali dengan barang cair (air). Begitu pula dengan flashdisk jangan sampai terkena air apalagi sampai terendam di dalam air, untuk menghindari hal itu kita harus benar – benar menjaga dan menempatkan flashdisk di tempat yang aman.

Tentunya anda tidak menginginkan hal buruk terjadi pada flashdisk dan juga data yang ada di dalam flashdisk kan ? maka dari itu tips di atas bisa anda terapkan untuk menjaga flashdisk anda, sekian.

tags: , , , ,

Related For Tips Menjaga Flashdisk Agar Tetap Awet dan Data Tidak Rusak