Tips Merawat Laptop dengan Performa yang Baik

Monday, May 30th 2016. | Tutorial
Sponsored Links

Semua orang kebanyakan mempunyai dan menjadi pengguna laptop. Dengan banyaknya pengguna laptop, bisa jadi satu orang tidak hanya mempunyai satu laptop melainkan lebih dari satu laptop. Nah untuk itu perawatan laptop sangatlah penting agar umur yang di miliki oleh laptop semakin panjang, jika kita tidak merawatnya dengan baik maka bisa jadi laptop kita tidak akan mempunyai umur yang panjang alias cepat rusak.

tips merawat laptop

tips merawat laptop

Semua macam kalangan kini telah menggunakan laptop untuk sarana belajar, bekerja maupun bermain. Semakin bertambahnya tahun dan semakin majunya zaman teknologi pun semakin canggih, begitu pula dengan laptop banyak laptop yang sangat canggih saat ini.

Perawatan pada laptop sangat di perlukan, dan di kesempatan kali ini saya akan memberi tips agar laptop anda tidak mempunyai umur yang pendek alias rusak.

Tips Merawat Laptop dengan Performa yang Baik :

  • Pasang antivirus

Dengan memasang antivirus di laptop kita maka laptop kita akan mempunyai tameng dari virus – virus jahat. Tidak bisa di elak lagi jika laptop, komputer maupun smartphone bisa terserang virus yang jahat. Nah untuk menghindari virus – virus itu kita perlu software antivirus. Jika laptop kita tidak terserang virus maka laptop kita tidak akan mempunyai performa yang lambat.

  • Jangan download file tidak penting

Jika anda ingin mendownload file maka anda juga harus tahu file mana yang penting dan file yang tidak penting. Jangan sampai anda mendownload file dengan nama yang sama sampai 2 atau 3 kali bahkan berkali – kali, karena file – file yang tidak penting akan menjadi sampah di laptop.

  • Instal aplikasi yang penting

Penginstallan aplikasi di laptop harus di perhatikan, jangan sampai sekedar menginstall aplikasi saja tetapi aplikasinya tidak pernah di gunakan bahkan anda sendiri tidak tahu manfaat aplikasi yang anda install, ini kan kita sendiri yang rugi, bagaimana bisa rugi ? karena kebanyakan aplikasi yang di install di laptop membuat kinerja laptop semakin lambat, toh aplikasinya juga tidak pernah di gunakan.

  • Software cleaner

Tujuan software cleaner yaitu untuk menghapus cache – cache agar laptop kita dalam keadaan performa yang baik. Pembersihan yang harus di lakukan software cleaner ialah secara rutin, paling tidak satu Minggu sekali. Anda bisa menggunakan software ccleaner ini sesuai keinginan anda yang di rasa anda lebih nyaman.

  • Penghapusan startup application tidak penting

Biasanya setelah kita melakukan penginstallan pada laptop, startup aplikasi ini berjalan. Dan biasanya juga aplikasi inilah yang membuat kinerja laptop sangat lambat alias lemot di saat penyalaan baru laptop.

  • Peletakan laptop di tempat yang tepat

Meletakkan laptop saat di gunakan juga mempengaruhi umur laptop. Jangan sekali – kali anda meletakkan laptop di tempat yang lunak seperti di atas kasur, sofa maupun bantal karena udara panas pada laptop tidak akan keluar di karenakan rongga – rongga nya tertutup. Letakan laptop di tempat yang keras karena ini membuat udara panas laptop keluar walaupun mempunyai sedikit rongga yang terbuka.

  • Gunakan cooling pad

Penggunaan cooling pad juga sangat di perlukan karena cooling pad juga membantu kelancaran sirkulasi udara panas oleh komponen laptop. Cooling pad juga berfungsi untuk menstabilkan udara pada laptop.

  • Suasana nyaman saat bekerja menggunakan laptop

Suasa yang nyaman saat menggunakan laptop akan membuat kita lebih nyaman menggunakannnya. Jangan sampai kabel – kabel terpasang dengan malang – melintang, ini menghindari tersandungnya orang. Jika ada orang yang tersandung bisa jadi kabel sambungan laptop akan putus. Untuk menghindari itu kita juga harus merapikan kabel – kabel yang terhubung dengan laptop.

  • Jauhkan dari benda cair

Jangan coba – coba meletakan benda cair di dekat laptop, ini menghindari tumpahan cairan kepada laptop. Apa lagi jika cairannya tumpah hingga masuk ke komponen – komponen yang dalam ini kan kita sendiri yang rugi laptop menjadi rusak.

  • Perawatan baterai laptop

Baterai lah yang menjadi kelebihan laptop di banding dengan komputer PC. Untuk itu kita juga harus merawat baterai dengan baik, yaitu jika pengisian sudah maksimum maka charger harus di lepaskan dan jangan sampai pula energi baterai laptop drop, kira – kira 10 % energi baterai harus segera di isi.

  • Gunakan laptop dengan keampuannya

Anda juga harus mengetahui spesifikasi laptop anda agar anda bisa mengira – ngira penggunaan pada laptop anda. Jika laptop anda mempunyai spesifikasi yang kecil maka jangan bermain Games yang terlalu over di laptop anda. Saya yakin anda tidak mau kan laptopnya menjadi lambat, error hingga menjadi rusak. Nah untuk itu anda harus sewajarnya menggunakan laptop.

Dengan tulisan di atas saya harap anda bisa menerapkan tips merawat laptop agar laptop anda performanya tetap keadaan baik, semoga membantu.

tags: , , , ,

Related For Tips Merawat Laptop dengan Performa yang Baik