Tips – Tips Melindungi Tombol iPhone dan iPad

Saturday, March 19th 2016. | Gadget
Sponsored Links

iphone

Apakah kamu ingin tahu cara membuat tombol Home di iPhone dan iPad menjadi lebih tahan lama ?

Tombol Home di iPhone dan iPad terkenal dengan rentanya terhadap kerusakan. Tidak seperti tommbol Home iPad, tombol Home iPhone sering kali rusak karena penggunaan secara terus menerus saat ingin keluar dari sebuah aplikasi atapun cuma mengaktifkan multitasking bar.

 

Tidak perlu takut harga iPhone milikmu turun karena tombol Home menjadi rusak. Dengan menerapkan kebiasaan yang baik saat menggunakan iPhone dan lima tips di bawah ini, saya yakin tombol Home akan menjadi semakin awet sampai kamu mengganti iPhone baru.

  1. Jangan Gunakan Tombol Home

Tidak setiap orang mempunyai kebiasaan yang sama dalam mengaktifkan iPhone dan iPad. Ada juga yang seperti saya, memanfaatkan tombol power di bagian kanan atas untuk mengaktifkan iPhone dan iPhone.

 

Tombol power lebih tahan terhadap tekanan karena rancangannya yang tidak bergantung pada sebuah pita di bagian dalam iPhone. Kalau bisa selalu gunakan tombol Power untuk mengaktifkan iPhone maupun iPad.

 

Atau pemilik iPhone hasil jailbreak tertarik memasang tweak yang satu ini ?

 

  1. Aktifkan Assistive Touch Pada iPhone

iPhone mempunyai sebuah fungsi yang dikenal setiap pemilik iPhone berpengalaman bernama Assistive Touch. Fitur ini sebenarnya hanya salah satu dari bagian pada Accessibility, yang dirancang buat pemilik iPhone yang mengalami kesulitan menggunakan iPhone, misalnya orang – tua dengan penglihatan yang jelek. Aktifkan Assistive Touch untuk menampilkan tombol virtual Home dan Siri. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi tekanan yang dirasakan oleh tombol Home saat ingin mengaktifkan Siri.

 

Kekurangan dari Assistive Touch adalah sebuah tombol transparan yang senantiasa berada di layar dan tidak bisa disembunyikan saat tidak digunakan. Tapi tidak perlu khawatir, tips selanjutnya akan menangani masalah ini.

 

  1. Pasang Fungsi Pada Triple-click Home

Salah satu tips iPhone favoriet saya adalah menggunakan triple-click untuk mengaktifkan dan mematikan Assistive Touch. Kadang – kadang saya ingin menunjukan sebuah aplikasi atau foto tanpa ada tombol transparan yang mengganggu. Cukup tekan tombol Home tiga kali agar tombol tersebut menghilang. Tekan lagi tiga kali untuk menampilkan Assistive Touch kembali.

 

Kamu dapat mengaktifkan pengaturan Triple-click Home pada Setting >> General >> Acessibility di bagian terbawah. Pilih Assistive Touch dari pilihan yang tersedia.

 

Tetapi lama kelamaan ini akan merusak tombol home juga bukan ? iyah betul sekali, oleh karena itu kita perlu mengambil langkah ekstra dengan mengatur kecepatan klik tombol Home supaya tidak cepat rusak.

 

  1. Aktifkan Multitasking Gestures Pada iPad

Ini merupakan fitur yang sering terlewatkan oleh pemilik iPad. Tahukah kamu bisa menggunakan iPad tanpa menekan tombol Home sama sekali ? Caranya tinggal mengaktifkan Multitasking Gesture yang terdapat pada Settings >> General. Sekarang kamu dapat keluar dari aplikasi dengan mencubit layar empat atau lima jadi, memunculkan multitasking bar dengan menyapukan empat atau lima jari ke atas, dan berpindah antar aplikasi dengan menyapukan empat atau lima jari ke kiri atau kanan.

 

Dalam kasus tertentu , multitasking gesture justru bisa membuat orang yang baru pertama kali menggunakan iPad merasa teganggu karena kesannya iPad suka tiba – tiba keluar dari aplikasi – seperti memainkann Fruit Ninja dengan dengan 20 jari.

 

Gunakan fitur ini dengan hati – hati dan kamu akan merasakan pengalaman menggunakan iPad tanpa menyentuh tombol Home sekalipun.

 

  1. Coba Kalibrasi Tombol Home

Yang ke terakhir ini pantas dicoba karena saya sering menerima kabar dari sesama pemilik iPhone bahwa kalibrasi bisa membuat tombol home iPhone menjadi semakin responsif. Benar atau tidak, percaya atau tidak. Kamu harus mencoba sendiri untuk mengetahui kebenarannya.

 

  • Kesimpulan

Bagaimana dengan tips – tips semua yang ada di atas ??? Saya rasa kamu juga pasti mempunyai trik – trik tersembunyi yang lebih diketahui oleh pembaca MakeMac yang lain. Ilmu jangan disimpan, jadi buruan bagikan tips rahasiamu di kolom komentar, dan yang merasa artikel ini berguna, jangan lupa membagikannya ke teman – teman. SELAMAT MENCOBA …..

tags: , ,

Related For Tips – Tips Melindungi Tombol iPhone dan iPad