Tips Untuk Touchpad Laptop Yang Troubleshooting

Friday, March 13th 2015. | Blog, Hardware, Tutorial
Sponsored Links

Hy, kawan masih berjumpa lagi disini. Kali ini saya akan member tips bagaimana memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi karena masalah apa saja. Pasti kalian tahu apa itu touchpad. Touchpad adalah sesuatu yang menggerakan kursor kemana saja dalam laptop. Sebenarnya fungsi touchpad sama halnya dengan mouse yang ada dalam komputer. Bedanya kalau mouse adalah perangkat hardware yang berada di komputer dan bisa di lepas, namun, kalau touchpad merupakan penggerak kursor yang sudah otomatis ada dalam laptop, dan tidak bisa di lepas (permanen). Tetapi postingan saya disini tentang pengalaman saya. Dulu saya bingung, karena touchpad saya saat saya tidak bisa mengklik pada papan ketuk, padahal sebenarnya kalau di buat menggeser dan klik kanan dan kiri masih berfungsi. Lalu saya mencoba browsing di internet, akiranya dapat saya kembalian lagi dan berfungsi seperti semula. Maka dari itu saya akan member sedikit ilmu untuk anda. Berikut cuplikannya :

Disini, saya akan memberikan kepada anda 2 cara untuk  mengatasi apabila touchpad tidak berfungsi. Namun dulu mencobanya dalam windows 7, tetapi dalam windows 8 belum saya coba. Tapi saya rasa bisa juga.

  • Yang pertama memang belum tercentangnya “tap to click”. Padahl ini Cuma masalah yang sepele. Jika anda ingin tahu, coba lihat gambar berikut :

touchpad laptop tidak berfungsi

Tapi perlu anda ketahui bahwa gambar icon settingan disetiap merk laptop berbeda. Maka lebih jelasnya coba lihat gambar berikut ini :

Synaptic-Config

 

  • Tapi jika dengan cara yang pertama tidak berhasil dan touchpad sudah on atau aktif, maka kita gunakan cara yang kedua yaitu : klik control panel, lalu pilih system, terus device manager, lalu cari bagian mice and other pointing device dan klik symbol yang berada disampingnya yaitu bernama synaptics PS/2 port touchpad dengan melakukan mengarahkan pointer mouse ke driver tersebut, lalu klik kanan dan pilih delete.

Maka tahap selanjut nya anda hrus me-reset laptop anda setelah mengerjakan delete driver, supaya driver touchpad dapat me-refresh secara otomatis pada saat waktu OS windowsnya kembali.

Sekian sedikit pemberitahuan untuk anda tentang bagaimana memperbaiki touchpad yang rusak. Maka jika tetap tidak bisa, anda bisa browsing di internet. terima kasih, semoga bermanfaat.

tags: , , , , ,

Related For Tips Untuk Touchpad Laptop Yang Troubleshooting