Trik Supaya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Bagian 1

Wednesday, June 8th 2016. | Aksesoris, Blog
Sponsored Links

baterai laptop

Trik Supaya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis – Sekarang hampir setiap pelajar SMK khususnya yang mengambil kejuruan Multimedia mempunyai Laptop. Mahasiswa juga demikian. Orang kantoran juga sebagian besar mempunyai teknologi yang mudah dibawa kemana-mana ini. Kelebihan laptop adalah bisa digunakan dimana saja dan kapan saja, asalkan masih ada daya dalam baterai laptop tersebut.

Masalah baterai. Inilah yang seringkali menjadi kendala bagi banyak orang. Semakin lama umur sebuah laptop, maka daya baterainya pun juga akan semakin cepat habis dan tidak bertahan lama. Jadi pada artikel ini akan saya bahas tentang Trik Supaya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis saat digunakan.

  • Bersihkan laptop anda secara teratur.

Apa hubungannya dengan baterai? Inilah yang kebanyakan orang belum mengetahuinya. Karena apabila laptop anda penuh dengan debu, maka ventilasi di laptop akan tersumbat. Akibatnya laptop anda menjadi lebih panas, sehingga kipas laptop akan bekerja lebih ekstra. Dan untuk menjalankan kipas tersebut tentu saja membutuhkan daya listrik yang lebih juga. Jadi bersihkanlah laptop anda, terutama pada area lubang ventilasinya.

  • Matikan Wi-Fi pada laptop anda

Sama halnya seperti handphone, ketika Wi-Fi tidak digunakan lebih baiknya mematikan fitur ini. Kenapa? Karena perangkat tersebut akan terus mencari sinyal yang tentunya membutuhkan penggunaan daya baterai.

Bagi pengguna Windows, untuk mematikan jaringan Wi-Fi tersebut cukup tekan tombol Windows+X pada keyboard, kemudian pilih Turn wireless off.Cara-Terbaik-Supaya-Baterai-Laptop-Tidak-Cepat-Habis-1

Dan untuk menghidupkannya, cukup ulangi cara diatas dengan cara pilih Turn wireless on.

  • Kurangi pencahayaan pada laptop anda

Semakin cerah pencahayaan sebuah laptop maka daya baterai yang digunakan akan semakin banyak.  Jadi kurang satu atau dua level sehingga penggunaan daya baterai pada laptop anda menjadi lebih hemat.

  • Menggunakan mode sleep

Menyalakan laptop itu membutuhkan daya yang lumayan banyak. Jadi untuk mengakalinya, anda bisa menggunakan mode sleep saat akan mematikan laptop. Saat laptop berada pada mode ini, maka laptop akan menggunakan daya baterai yang sangat rendah. Semua file dan program yang sedang berjalan pun akan tersimpan di memori sementara. Dan saat anda akan menyalakan laptop, file dan program-program sebelumnya akan siap digunakan. Selain dapat menghemat penggunaan daya baterai, trik ini juda dapat menghemat waktu anda.Cara-Terbaik-Supaya-Baterai-Laptop-Tidak-Cepat-Habis-2

Catatan: INGAT, trik ini hanya efektif jika anda berencana untuk mematikan laptop selama beberapa saat saja. Apabila anda ingin mematikannya untuk waktu yang lebih lama, lebih baik anda untuk menggunakan Shutdown seperti biasanya.

Silahkan anda melanjutkan membaca pada Trik Supaya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Bagian 2.

tags: , , ,

Related For Trik Supaya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Bagian 1