Trik Supaya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Bagian 2

Wednesday, June 8th 2016. | Aplikasi, Blog
Sponsored Links
  • Memberikan pengaturan pada Power-Savings

Memanfaatkan fitur Power-Savings yang ada pada sistem operasi yang anda gunakan. Seperti mengatur kapan layar akan diredupkan atau dimatikan, kapan hardisk akan dimatikan, dan lain sebagainya. Atur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda sehingga baterai laptop menjadi lebih hemat dan taham lama.

Untuk pengguna Windows, anda dapat mengaturnya dengan cara tekan Windows, kemudian ketikkan Power Options dan kemudian tekan Enter.Cara-Terbaik-Supaya-Baterai-Laptop-Tidak-Cepat-Habis-3

Pilih Change plan settings, lalu atur sesuai keinginan anda. Untuk pengaturan tambahan, klik pada Change advanced power settings. Apabila sudah, klik Save changes.Cara-Terbaik-Supaya-Baterai-Laptop-Tidak-Cepat-Habis-4

  • Bersihkan baterai pada laptop anda

Debu dan kotoran seringkali membuat kutub baterai menjadi kotor, yang berakibat pada berkurangnya efektifitas dan efisiensi baterai. Jadi bersihkan bagian logam pada kutub baterai tersebut menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan sedikit alkohol.

  • Tutup program yang tidak perlu

Matikan semua program yang sekiranya sedang tidak diperlukan, terutama program-program yang berjalan di background. Matikan program-program yang tidak diperlukan tersebut, dan penggunaan daya baterai akan berkurang secara signitifkan.Cara-Terbaik-Supaya-Baterai-Laptop-Tidak-Cepat-Habis-5

  • Lakukan Defrag pada hardisk anda

File-file yang terfragmentasi akan membuat hardisk bekerja lebih ekstra. Karena hardisk harus menentukan file yang terpecah tersebut dan menyatukannya kembali saat anda akan mengaksesnya. Alhasil tentu saja penggunaan daya baterai dari hardisk tersebut menjadi lebih banyak.

Jadi untuk mengatsinya, silahkan anda lakukan defrag pada hardisk anda saat laptop anda sedang di charge. INGAT, charge laptop anda saat anda sedang melakukan defrag, Karen proses defrag membutuhkan daya yang besar dan dapat membuat daya baterai anda menjadi cepat habis.

Caranya, untuk pengguna Windows cukup klik kanan pada hardisk yang ingin anda defrag, pilih Properties > Tools > Defragment now.Cara-Terbaik-Supaya-Baterai-Laptop-Tidak-Cepat-Habis-6

  • Cabut perangkat USB saat tidak dibutuhkan

Pastikan anda mencabut segala perangkat USB yang menempel pada laptop anda saat perangkat tersebut sedang tidak dibutuhkan, seperti flashdisk, hardisk eksternal, dan perangkat yang lainnya. Setiap perangkat USB itu memerlukan daya dan apabila perangkat tersebut tetap menetap pada laptop anda tentu daya baterai anda akan menjadi lebih cepat habis.

  • Hindari penggunaan CD/DVD saat tidak digunakan

Penggunaan CD/DVD-ROM membutuhkan banyak daya, jadi apabila sedang tidak dibutuhkan, pastikan tidak ada kaset CD/DVD dalam CD/DVD-ROM tersebut.

Demikian ulasan artikel tentang Trik Supaya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis oleh komputerlamongan.com apabila banyak kesalahn dalam penulisan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjungannya.

tags: , ,

Related For Trik Supaya Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Bagian 2