Tunanetra Pun Tak Ingin Ketinggalan Dalam Menggunakan Gadget

Friday, March 17th 2017. | Gadget
Sponsored Links

Para ilmuwan sedang merancang perangkat cerdas berupa gadget untuk tunanetra (orang yang tidak bisa melihat). Jadi para tunanetra pun bisa merasakan kecanggihan teknologi saat ini, dengan kekurangan yang ia punya sekalipun. Penemuan itu diberi nama Indoor Navigation Project, dan itu membuat mereka bisa merasakan lingkungan nya dengan nyata.

Kecangihan teknologi saat ini membuat siapa pun, bagaimanapun keadaan, dan tidak pandang bulu dapat merasakan apa yang orang yang normal rasakan. Ini salah satu sisi terhebat dari adanya teknologi. Ilmuwan india yang bernama Murray mengatakan “ sebuah tongkat mempunyai manfaat untuk memberi tau atau mendeteksi apakah ada benda yang mengahalangi jalan atau tidak. Tapi, sebuah tongkat tidak mampu memberi tau tuan nya jika ada sesuatu yang lebih besar yang menghadangnya”. Ini menjadikan acuan bagi para ilmuwan untuk menciptakan teknologi canggih untuk orang cacat, seperti tunanetra, mereka pun ingin menikmati dunia, walau hanya dengan meraba dari bawah kulit tangannya yang kasar.

gadget untuk tunanetra

gadget untuk tunanetra

Tidak dapat dipungkiri lagi, sekarang sudah beredaran gadget-gadget untuk tunanetra yang tak kalah keren nya dengan gadget orang normal pada umumnya. Banyaknya dan beragamnya cara pembuatan teknologi yang sangat dekat dengan orang yang membutuhkannya itu membuat peluang besar bagi siapapun yang membutuhkannya.

Aplikasi-aplikasi yanh telah dirancang sebaik mungkin untuk tunanetra, mulai dari iOS ataupun android. Pesatnya kemajuan teknologi hampir menyatakan kalau semua ini telah siap pakai. Gadget yang bernamakan android yang pada umumnya menggunakan sistem layar sentuh untuk mengoperasikannya, hal  ini pun bisa dirasakan oleh para tunanetra. Berkat bantuan program fitur screen reader yang dinamai talkback, gadget android adalah perangkat lunak yang sangat aksesibel bagi para tunanetra.

Tunanetra sendiripun mempunyai kesempatan untuk memanfaatkan teknologi. Tapi sayang sekali, belum semua tunanetra dapat maksimal dalam mengaksesnya. Akses juga salah satu cara yang membuat hidup mereka lebih cerah. Saat ini, ada tunanetra yang bekerja dan selalu berhubungan dengan nasabah lewat komputer ataupun telepon. Sebenarnya tunanetra mesti dibekali dengan kemampuan mengakses, dan berteknologi. Harus perlu disadari juga itu sangatlah penting bagi mereka, karna mereka pun ingin merasakannya. Ingatlah, mereka pun mempunyai hak yang sama dengan kita. Berusahalah sedikit lebih keras untuk mereka para tunanetra J

tags: ,

Related For Tunanetra Pun Tak Ingin Ketinggalan Dalam Menggunakan Gadget