Tutorial Menggunakan Mouse Menjelajahi Google Earth

Saturday, May 7th 2016. | Aplikasi, Tutorial
Sponsored Links
Google Earth

Google Earth

Google Earth merupakan aplikasi globe virtual yang berbasis internet. Aplikasi ini berguna untuk melihat kenampakan yang ada di bumi seperti bentuk luar bumi dan objek yang ada di dalamnya seperti gunung, perbukitan, laut, gedung – gedung pencakar langit, perumahan, ladang atau persawahan dan lain sebagainya.

Bagi pengguna yang baru menggunakan aplikasi ini, beriktu akan dibagikan tutorial dasar yang berguna saat menjelajah dalam Google Earth. Pada tutorial kali ini akan dibahas tentang bagaimana menggunakan control mouse pada Google Earth.

Setiap kali pengguna memulai Google Earth, Earth ditampilkan dalam jendela utama. Area yang menampilkan Earth disebut penampil 3D. Penampil 3D selalu ditampilkan dalam Google Earth dan menunjukkan pencitraan, medan, dan informasi tentang berbagai tempat di seluruh dunia.

memperbesar dan memperkecil tampilan area dalam google earth

memperbesar dan memperkecil tampilan area dalam google earth

Untuk memperbesar dan memperkecil suatu area dalam Google Earth, misal disini adalah tampilan dari Gran Canyon, pengguna dapat memperbesar dan memperkecilnya menggunakan mouse.

Untuk melakukannya, dapat dilakukan dengan cara dibawah ini :

  1. Memperkecil Grand Canyon:

Gulir roda mouse ke bawah ( ke arah pengguna ) beberapa kali

Tekan terus tombol kanan mouse

Tarik mouse ke atas, lakukan beberapa kali hingga sesuai dengan tampilan yang diinginkan

  1. Memperbesar Grand Canyon

Gulir roda mouse ke atas ( menjauhi pengguna ) beberapa kali

Tekan terus tombol kanan mouse

Tarik mouse ke bawah

Lakukan beberapa kali hingga mendapatkan tampilan yang diinginkan

Catatan : jika memperbesar cukup jauh, titik pandang akan dimiringkan

Setelah pengguna tahu cara memperbesar dan memperkecil, sekarang pengguna siap untuk dibawa melihat Earth dalam tiga dimensi. Untuk melakukannya, miringkan titik pandang sehingga dapat melihat perubahan ketinggian permukaan Earth. Fitur ini adalah aspek yang sangat menyenangkan dari Google Earth, terutama bila melihat medan berbukit-bukit dan pegunungan.

Untuk memiringkan titik pandang menggunakan mouse:

  1. Pada panel Lapisan, pastikan kotak Medan dicentang.
  2. Perbesar ke Grand Canyon. Perbesar ke titik pandang sekitar 35.000 kaki (Lihat nilai Ketinggian mata di sudut kanan bawah layar).
  3. Jika mouse dilengkapi tombol tengah atau roda gulir yang dapat ditekan, miringkan tampilan dengan menekan tombol dan gerakkan mouse ke atas atau bawah. Perhatikan bahwa pengguna melihat dinding kedua sisi Grand Canyon dan Sungai Colorado ditampilkan di bagian bawah jurang.
  4. Jika mouse dilengkapi roda gulir, pengguna dapat memiringkan tampilan dengan menekan tombol SHIFT dan menggulir ke BAWAH untuk memiringkan Earth dalam tampilan vertikal atau menggulir ke ATAS untuk memiringkan Earth dalam tampilan horizontal.

Catatan – Nilai Ketinggian Mata di bagian bawah penampil 3D menunjukkan ketinggian mata (ketinggian titik pandang).

tags: , ,

Related For Tutorial Menggunakan Mouse Menjelajahi Google Earth